Tentara Bayaran Putin yang Kobarkan Perang Berdarah di Perbatasan NATO, Di Balik Kelompok Wagner

Susi Susanti
Kelompok Wagner, tentara bayaran Rusia (Foto: csef.ru)

Adapun Dmitry Utkin, yang tidak merahasiakan ketertarikannya pada Adolf Hitler, sering muncul dalam seragam Nazi atau mengambil bagian dalam peragaan ulang peristiwa Perang Dunia II.

Pada Desember 2021, Dewan Uni Eropa menuduh Utkin bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM) serius yang dilakukan oleh kelompok tersebut, yang meliputi penyiksaan dan eksekusi di luar proses hukum, ringkasan atau sewenang-wenang dan pembunuhan.

Meskipun ada banyak bukti bahwa Grup Wagner telah mengambil bagian dalam banyak konflik di seluruh dunia termasuk Suriah, Sudan, Republik Afrika Tengah dan di tempat lain, namun tidak ada kantor pusat terdaftar untuk organisasi tersebut dan tidak ada secara resmi.

Namun terlepas dari itu, kelompok tersebut telah menjadi aset berharga bagi Putin. “Pemerintah Rusia telah menemukan Wagner dan perusahaan militer swasta lainnya berguna sebagai cara untuk memperluas pengaruhnya di luar negeri tanpa visibilitas dan campur tangan pasukan militer negara,” terang sebuah laporan dari Pusat Studi Strategis dan Internasional.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network