get app
inews
Aa Read Next : 5 Perempuan Berhijab Pemilik PO Bus Ternama, Ada yang Tetap Sopiri Busnya Sendiri

5 PO Bus Legendaris Di Sumatera, Tertua Sudah Beroperasi Sejak Indonesia Belum Merdeka

Rabu, 22 Juni 2022 | 12:20 WIB
header img
Beberapa PO bus di Pulau Sumatera begitu melegenda, bahkan ada yang beroperasi sejak Indonesia belum merdeka di zaman penjajahan Belanda. (Foto: Instagram)

3. Naikilah Perusahaan Minang (NPM)

Naikilah Perusahaan Minang (NPM) merupakan PO bus tertua di Sumatera Barat fan bahkan tertua di Indonesia yang masih beroperasi. Bagaimana tidak, perusahaan ini telah melayani sebelum kemerdekaan Republik Indonesia sekitar 1937.

Didirikan di Padangpanjang, Minangkabau, Sumatera Barat, NPM saat ini sudah berumur 85 tahun. Bus NPM masih terkenal dan populer sampai sekarang. 

4. Anas Nasional Sejahtera (ANS) 

Anas Nasional Sejahtera (ANS) merupakan PO asal kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Sejak tahun 1970-an hingga saat ini, ANS masih menjadi andalan warga Pulau Jawa yang ingin berkunjung ke daerah seberang.

ANS melayani perjalanan dari Kota Padang Sumatera Barat menuju Bandung di Jawa Barat atau sebaliknya. Biasanya warga Pulau Jawa yang ingin pulang kampung menggunakan ANS saat mudik Lebaran.

5. Medan Jaya

Perusahaan otobus asal Sumatera ini melayani berbagai trayek. Rute terjauh Medan Jaya adalah Medan-Jakarta atau sebaliknya. PO bus yang mulai beroperasi pada 8 Agustus 1988 ini memiliki julukan sang peluru dari Medan, karena terkenal laju kendaraannya yang cepat.

Bus AKAP Medan Jaya menjadi pilihan banyak warga Pulau Jawa dan Sumatera yang ingin bepergian ke daerah lain. Untuk perjalanan Pulau Jawa medan bisa ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 45 jam. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut