Logo Network
Network

China Mundur Jadi Tuan Rumah, Piala Asia 2023 Terancam Ditunda

Basudiwa Supraja
.
Jum'at, 24 Juni 2022 | 15:33 WIB
China Mundur Jadi Tuan Rumah, Piala Asia 2023 Terancam Ditunda
Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@shintaeyong.7777)

KUALA LUMPUR, iNews.Serpong.id - PIALA Asia 2023 terancam ditunda. China yang semula menjadi tuan rumah menyatakan mundur dengan alasan COVID-19.

“Piala Asia yang semula dijadwalkan digelar di China pada 16 Juni 2023 terpaksa dibatalkan. AFC mengatakan akan diumumkan di lain waktu," tulis laporan Sohu tersebut, Jumat (24/6/2022). 

Kini AFC menawarkan kepada para kontestan Piala Asia 2023 untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah hingga akhir bulan Juni ini. Nantinya negara yang maju untuk menjadi pengganti akan diuji kelayakan. Malaysia mengaku tidak sanggup karena alasan stadion yang mereka punya belum memadai untuk Piala Asia 2023. Pihak AFC mempersilakan kepada para kontestan Piala Asia 2023 untuk saling berkolaborasi sebagai tuan rumah, seperti edisi 2007 kala Indonesia jadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. 

Indonesia didorong untuk maju sebagai tuan rumah tunggal Piala Asia 2023. Namun, PSSI masih mempertimbangkan hal tersebut karena takut bertabrakan jadwal dengan Piala Dunia U-20 2023 yang juga bakal digelar di Indonesia.

Karena itu, AFC meminta kembali kepada China untuk bersedia mengambil kembali status tuan rumah Piala Asia 2023. Namun, ada persyaratan ketat yang diminta China kepada AFC. 

Federasi Sepak Bola China (CFA) bersedia asalkan semua kendali Piala Asia 2023 dipegang penuh oleh mereka dan AFC tidak berhak ikut campur. Pembatasan suporter dan media yang ingin datang ke stadion pun diperketat.  

“Piala Asia 2023 masih belum diambil alih, AFC akan mengeluarkan undangan lagi ke China," lanjutan artikel Sohu. "Baru-baru ini AFC menghubungi CFA. CFA bersedia menjadi tuan rumah asalkan ada pembatasan untuk suporter dan media di stadion. Aturan ini akan dipegang CFA dan AFC tidak berhak ikut campur.” (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.