get app
inews
Aa Read Next : Sopir Fortuner Arogan Ternyata Pengusaha, Cuma Ngaku-ngaku Adik Jenderal dan Bukan Anggota TNI

Kisah Pengusaha Muslim India Azim Premji, Raja Teknologi Berharta Rp130 Triliun

Senin, 27 Juni 2022 | 15:14 WIB
header img
Kisah Miliarder Muslim India Azim Premji yang Miliki Kekayaan hingga Rp130 Triliun (Foto: MNC Media)

Pembuatan Beberapa Produk

Saat itu, perusahaan Wipro mulai membuat beberapa produk baru seperti produk listrik, silinder hidrolik, dan lain sebagainya. Sebuah peluang muncul saat IBM meninggalkan India pada tahun 1977.

Azim Premji yang kala itu memimpin perusahaan tersebut memanfaatkan peluang tersebut untuk memproduksi berbagai perangkat keras, perangkat lunak, layanan teknologi informasi, dan lain sebagainya. 

Ia pun kemudian merubah nama perusahaan tersebut menjadi Wipro. Dengan berjalannya waktu, Wipro mulai membuat sebuah mikrokomputer dan juga memberikan solusi perangkat lunak. 

Di tahun 1989, Wipro menjalin kerja sama dengan General Electric dan membuat sebuah perusahaan yang memproduksi produk Medical Imaging bernama Wipro G Medical System. Untuk meningkatkan jangkauan perusahaan, Wipro memasuki Business Process Outsourcing dan membuat produk untuk bayi. 

Pengusaha Filantropi

Berkat kesuksesannya tersebut, Premji sempat masuk ke daftar orang terkaya kelima di India pada tahun 2020. Walaupun memiliki kekayaan yang sangat banyak, Azim Premji memiliki sifat dermawan.

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut