get app
inews
Aa Read Next : Siswa Kurang Mampu? Tenang, Ridwan Kamil Janjikan Sekolah Gratis di Sekolah Swasta Jakarta

8 Sekolah Swasta Mahal Di Jakarta, Ada Yang Biayanya Capai Ratusan Juta!

Kamis, 14 Juli 2022 | 16:26 WIB
header img
Sekolah Swasta Mahal di Jakarta (Foto: Ist)
  • Sekolah Islam Al Azhar

Sejak dulu, Sekolah Islam Al Azhar merupakan salah satu sekolah swasta pilihan favorit untuk siswa dan siswi di Jakarta, bahkan dari luar Jakarta. Sekolah swasta prestisius ini terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan di beberapa lokasi yang tersebar di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Al Azhar menyediakan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. Untuk jenjang SMA, sekolah yang dikelola oleh Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar ini menjadi salah satu SMA favorit di Jakarta.

Selain menghadirkan pembelajaran tingkat TK, SD, SMP dan SMA, Al Azhar juga mempunyai kampus swasta dengan nama yang sama lho, yakni Universitas Al Azhar Indonesia yang berlokasi di Jakarta.

Pembelajaran di Al Azhar menggunakan kurikulum nasional yang dilengkapi dengan ilmu agama. Ilmu agama Islam disesuaikan dengan kurikulum nasional agar membentuk lulusan yang mampu bersaing dengan berpegang teguh terhadap agama sekaligus mampu mengamalkan ibadah di kesehariannya.

Sepadan dengan kurikulum pendidikan terbaik dan lulusan yang dapat bersaing, Al Azhar juga menetapkan biaya pendidikan yang cukup mahal. Sebagai salah satu sekolah swasta mahal di Indonesia, Al Azhar mematok uang pendaftaran seharga Rp350.000.

Kemudian, terdapat biaya psikotes dan tes kesehatan apabila ingin mendaftar Al Azhar dengan harga Rp350.000. Al Azhar juga memungut biaya uang pangkal yang tidak sedikit, yaitu Rp20 juta. Sedangkan untuk biaya SPP atau sumbangan pelaksanaan pendidikan dibebankan per bulannya dengan harga Rp1.200.000.

Biaya ini tampaknya sepadan dengan fasilitas lengkap yang ditawarkan sekolah Al Azhar Jakarta. Di antaranya adalah kelas dengan full AC, laboratorium lengkap, lapangan dan fasilitas lainnya untuk mendukung pembelajaran.

  • Madina Islamic School

Sekolah swasta mahal di Indonesia yang terakhir ada Madina Islamic School. Sekolah yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan ini memiliki jenjang pendidikan dari TK hingga SMA.

Madina Islamic School mempunyai kurikulum berbasis Islam yang dipadukan dengan kurikulum untuk mengasah keterampilan siswa. Sekolah swasta ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti lapangan, laboratorium sains, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang mumpuni dengan sistem pendidikan Islam yang baik juga membuat biaya di Madina Islamic School tidak murah. Untuk jenjang SMP, perkiraan biaya yang harus dikeluarkan lebih dari Rp20 juta. Terdapat biaya Rp350.000 untuk uang pendaftaran, uang pangkal senilai Rp22,6 juta, dan SPP tiap bulannya senilai Rp2.600.000. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut