get app
inews
Aa Read Next : Harap Sabar Menunggu, Pikap Listrik D-MAX BEV dari Isuzu sedang Disiapkan

Gaya Hidup Hikikomori di Jepang, Apakah Termasuk Masalah Sosial?

Kamis, 21 Juli 2022 | 09:34 WIB
header img
Mengenal Gaya Hidup Hikikomori di Jepang (Foto:Wikipedia)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Inilah hal yang perlu kamu ketahui untuk mengenal gaya hidup hikikomori di Jepang. Secara umum, istilah hikikomori digunakan masyarakat Jepang untuk menggambarkan seseorang yang mengisolasi diri di rumah.

Di negeri Sakura tersebut, hikikomori termasuk dalam masalah sosial yang serius dan harus diatasi. Rata-rata perilaku ini datang dari kelompok usia 20-29 tahun. 

Pemerintah Jepang memperkirakan ada sekitar 700 ribu orang yang hidup sebagai hikikomori. terbaru, PM Jepang Yoshihide mengumumkan bahwa 2021, ada lebih dari 1 juta orang di Jepang melakukan hikikomori.

Mengenal Gaya Hidup Hikikomori di Jepang

Dikutip dari BBC, istilah hikikomori pertama kali diciptakan oleh seorang psikolog Jepang bernama Tamaki Saito pada tahun 1998.
Istilah hikikomori berasal dari kata “hiki” yang berarti “menarik” dan “komori” yang berarti “dari dalam”.

Mengutip Japan Times, Kementerian Kesehatan Jepang mendefinisikan hikikomori sebagai orang yang tetap terisolasi di rumah setidaknya selama enam bulan berturut-turut. Dalam keadaan tersebut, mereka tidak pergi ke sekolah atau bekerja dan tidak melakukan interaksi dengan orang di luar anggota keluarganya. 

Menurut Tamaki Saito, orang yang melakukan hikikomori biasanya mereka yang merasa malu dan mendapat tekanan mendalam dari orang-orang di sekitarnya.

Saito mengatakan jika mereka dilumpuhkan oleh ketakutan sosial yang mendalam. "Mereka tersiksa dalam pikiran," kata Saito, seperti dikutip dari BBC.

Lebih lanjut Saito menjelaskan jika para pelaku hikikomori ini ingin keluar dan menjalin hubungan atau berteman dengan orang lain. Namun, mereka tidak mampu melakukannya.
Pelaku hikikomori ini mayoritas adalah remaja laki-laki berusia 18-35 tahun.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut