get app
inews
Aa Read Next : Tahun ini, BEI Patok Investor Baru Pasar Modal Tembus Sebanyak Dua Juta

Lagi Tren, Wisata Virtual Makin Berkembang Selama Pandemi

Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:30 WIB
header img
Wisata virtual makin berkembang (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Selama pandemi Covid-19, sektor pariwisata mengalami dampak sangat signifikan. Penurunan pemasukan di bidang pariwisata saat pandemi menyebabkan pemerintah memutar otak menutupi keterpurukan ekonomi negara. 

Salah satu inovasi yang dilakukan pemerintah yakni dengan memaksimalkan digitalisasi di bidang pariwisata agar mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Wildan menyebutkan untuk mengantisipasi dampak negatif pariwisata, maka diperlukan pengelolaan yang baik terhadap pariwisata, khususnya kebudayaan. 

Menurut Wildan, apabila jati diri kita dalam ruang budaya digital tidak berbeda dengan budaya non-digital. Maka, dengan adanya digitalisasi budaya memungkinkan kita untuk mendokumentasikan kekayaan budaya serta dapat menjadi peluang
untuk mewujudkan kreativitas.

“70 persen konsumen pariwisata Indonesia melakukan search and share melalui media digital dan media digital 4 kali lebih efektif dibandingkan konvensional. Apabila kita melihat fakta ini, maka ini menjadi peluang besar dalam mempromosikan pariwisata melalui konten kreatif,” tuturnya.

Terkait etika digital, Founder dan COO PT Balla Cerdas Teknologi Arsan Kumala Jaya mengatakan lini masa revolusi industri, dimulai dari era 1.0 hingga era 4.0 atau digitalisasi seperti sekarang ini. 

Menurut dia, WTO memprediksi pariwisata tahun 2030 menjadi aktivitas sosial
terpenting saat itu dan sektor pariwisata menyumbang pendapatan sebanyak 5 persen secara global.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut