get app
inews
Aa Read Next : Bergerak Signifikan, BEI Cermati Lima Saham Ini

Siap-siap Investor! BEI Catat 23 Perusahaan Siap IPO, Mayoritas Sektor Siklikal dan Teknologi

Sabtu, 03 September 2022 | 09:30 WIB
header img
Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sebanyak 23 perusahaan yang berada dalam pipeline  listing untuk melaksanakan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO).

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, mengatakan perusahaan yang antre IPO tersebut membidik dana sebesar Rp9,5 triliun. Beberapa di antaranya menargetkan emisi lebih dari Rp1 triliun.

“Perusahaan yang berada pada pipeline pencatatan saham saat ini merupakan perusahaan yang masih dalam tahap evaluasi di bursa, maupun perusahaan yang belum mendapatkan ijin publikasi dari OJK,” kata Nyoman dalam keterangannya, dikutip Sabtu (3/9/2022).

Berdasarkan POJK Nomor 53/POJK.04/2017, dari 23 perusahaan tersebut terdapat 14 perusahaan dengan aset skala besar dengan aset di atas Rp250 miliar. Kemudian, lima perusahaan skala menengah dengan aset antara Rp50 miliar hingga Rp250 miliar, serta empat perusahaan dengan skala kecil di bawah Rp50 miliar.

Sementara itu, berdasarkan sektornya, empat perusahaan berasal dari sektor siklikal, empat perusahaan sektor teknologi, dan tiga perusahaan sektor kesehatan.

Selanjutnya, sektor industri, sektor transportasi dan logistik, sektor energi dan sektor keuangan masing-masing dua perusahaan. Adapun, sektor industri dasar, sektor non siklikal, sektor properti dan infrastruktur masing-masing satu perusahaan.

Namun, hingga saat ini BEI belum dapat memberikan informasi terkait pipeline perusahaan tercatat saham sebelum ada izin publikasi dari OJK. Nyoman menambahkan, pipeline pencatatan saham masih berpotensi bertambah.

“Kami berharap kondisi pasar modal yang kondusif, dukungan maupun supervisi dari OJK dan SRO, serta kepercayaan dari stakeholder pasar modal dapat memberikan iklim positif bagi pasar modal Indonesia di masa mendatang,” ujar Nyoman.

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut