get app
inews
Aa Read Next : Libas Jalan Menantang, Toyota Fortuner ID42NER Gelar Off Road di Sumatera

Ritual Mandi Darah, Tradisi Unik Masyarakat Muratara untuk Bayar Janji

Sabtu, 17 September 2022 | 10:23 WIB
header img
Ritual mandi darah kerbau dijalani Fitri Ramadona Siti, gadis asal Kabupaten Muratara sebagai rasa syukur karena baru saja lulus kuliah. Foto/dok

Ritual ini hanya dilakukan seumur hidup sekali dengan makna. Si anak agar tidak lupa dengan masa kelahiran dan mengingat kematian. Tetua juga akan membaca doa-doa sebelum darah diguyurkan. Umumnya, mandi darah cuma dilakukan untuk lelaki saja.

Orang yang dimandikan darah diminta untuk bertahan sekitar 10 menit sembari didoakan kesehatan, keselamatan dan dilapangkan rezeki oleh seluruh sesepuh maupun warga yang hadir. Lalu dilanjutkan mensucikan diri dengan mandi di aliran sungai Rawas atau sekitar lokasi warga.

Saat mandi darah dijalankan, lelaki tersebut telanjang dada dan hanya mengenakan celana pendek agar darah hewan ternak membasahi seluruh bagian badan.

Usai ritual mandi darah biasanya disambung acara hajatan seperti yasinan dan mendoakan sesepuh maupun orang tua yang telah meninggal dunia. Masyarakat di Kabupaten Muratara, biasanya tidak secara keseluruhan memanfaatkan daging hewan sembelihan itu.

Tidak ada yang tahu pasti sejarah ritual mandi darah ini. Ritual ini sudah dilakukan sejak dahulu kala saat masyarakat wilayah Sumatra menganut Hindu dan Budha.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut