Logo Network
Network

10 Bank Terpercaya dan Paling Aman di Dunia, Bank Jerman Duduki Peringkat 1 Versi Global Finance

Ikhsan Permana SP
.
Senin, 26 September 2022 | 09:14 WIB
10 Bank Terpercaya dan Paling Aman di Dunia, Bank Jerman Duduki Peringkat 1 Versi Global Finance
10 bank paling aman di dunia, peringkat 1 ada di Jerman. (Foto/Ilustrasi : Pixabay)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Global Finance telah merilis peringkat 50 Bank Teraman di dunia 2022. Mayoritas posisi teratas diduduki perbankan di Eropa.  

Bahkan KfW Jerman kembali menempati posisi teratas bank teraman di dunia untuk 14 tahun berturut-turut. 

Sementara bank-bank di Asia menunjukkan penampilan yang kuat di 25 besar, dipimpin oleh Singapura.

Amerika Serikat Diwakili Bank Pertanian

Sedangkan Amerika Serikat diwakili oleh empat bank pertanian, tetapi tidak ada bank AS dengan operasi global dalam daftar ini. 

Peringkat tahunan Global Finance dari Bank Teraman di Dunia telah menjadi standar keamanan rekanan keuangan yang diakui dan tepercaya selama lebih dari tiga dekade.

Pemenang dipilih melalui evaluasi jangka panjang dari Moody's, Standard & Poor's dan Fitch, dengan 500 terbesar bank di seluruh dunia yang dievaluasi.

Berikut ini 10 bank paling aman di dunia berdasarkan daftar yang dirilis Global Finance tahun ini: 

1. Kreditanstalt fur Wiederaufbau (Jerman)

Kreditanstalt fur Wiederaufbau (KfW) dalam bahasa Inggris disebut Reconstraction Credit Institute. KfW merupakan lembaga keuangan milik pemerintah Jerman yang berpust di Frankfurt. 

Bank ini dibentuk setelah Perang Dunia II atau pada 1948 sebagai bagian dari rencana Marshall atas dasar inisitif Amerika dengan tujuan untuk membantu Eropa barat. 

Sebanyak 80 persen saham kfW dimiliki Federal Republic of Germany dan sisanya 20 persen dimiliki States of Germany. Bank ini fokus pada pendanaan rumah, perusahaan besar dan kecil, kegiatan ekspor impor, investasi asing dan membantu keuangan dalam negeri. 

2. Zurcher Kantonalbank (Swiss)

Zurcher Kantonalbank atau lebih dikenal dengan nama Zurich Cantonal Bank disingkat dengan ZKB. Bank ini dimiliki pemerintah Swiss, tak heran jika ZKB menjadi bank paling aman nomor dua di dunia. 

ZKB merupakan lembaga keuangan yang didirikan sebagai bank independen yang tergabung dalam lembaga hukum dan dimiliki oleh badan legislatif Zurich.

Bank ini berfungsi sebagai penyeimbang keuangan negara dan memiliki peran penting untuk menstabilkan kondisi ekonomi negara, sehingga ZKB memiliki fungsi penting dalam menyediakan layanan keuangan bagi warga kota Zurich.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini