get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi dan Mentan Amran Sarapan dan Bersepeda Bareng di Lombok 

Ronny Tungari Mulai Bisnis Warkop Tanpa Pengalaman, Pembeli Adalah Teman

Sabtu, 27 November 2021 | 09:56 WIB
header img
Warkop TBK hadir di Gading Serpong sejak Desember 2017 (Foto : Warkop TBK)

MEMULAI bisnis baru dari nol itu hal biasa. Namun menjadi luar biasa ketika mengawali bisnis dari sesuatu yang tak pernah atau jarang dilakoni. Itulah yang dilakukan oleh Ronny Tungari pemilik Warkop TBK yang berlokasi di Gading Serpong.

Ronny mengawali bisnis warung kopi tanpa pengalaman sama sekali. Bahkan ketika menentukan jenis bisnis apa yang akan dilakukan pun tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Warung kopi adalah pilihannya. Menariknya, Ronny yang pernah berkarir di perusahaan Sandiaga Uno bukanlah peminum kopi.

“Saya ini jarang sekali minum kopi tapi saya mau buka warung kopi. Bukan sekadar ikut-ikutan bikin warung kopi yang lagi tren tapi pilihannya sudah fokus,” ujar pria yang dikenal ramah itu sambil tertawa lebar.

Akhirnya, pada penghujung Desember 2017, Ronny pun memberanikan diri membuka warung kopi yang diberi nama Warkop TBK. Namanya cukup unik hanya terdiri tiga huruf TBK. Ternyata brand TBK langsung akrab di kalangan pelanggan, ada yang menyebut Tempat Bos Kumpul.    

Ketika Ronny sudah finish sebagai karyawan dari sebuah perusahaan besar, tekad memiliki bisnis sendiri seakan tak terbendung. Pemilik perusahaan sempat menawari masuk kerja lagi pada perusahaan lain yang sudah punya nama. Awalnya, lelaki yang selalu tampil necis itu tak ingin mengecewakan mantan bosnya. “Ya namanya bos sulit saya untuk menolak tawarannya,” kenangnya.


Ronny Tungari terjun ke dapur (Foto : Warkop TBK)

Lalu, ia menemui pimpinan perusahaan yang ditunjuk mantan bosnya, tanpa basa basi langsung ditempatkan pada level jabatan yang cukup tinggi di perusahaan digital itu. Ronny mulai goyah namun selalu terbayang ingin punya bisnis sendiri. “Galau dan tidak bisa tidur beberpa hari,” bebernya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut