Logo Network
Network

Qatar, Korsel, dan Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023

Rilo Pambudi
.
Selasa, 11 Oktober 2022 | 13:39 WIB
Qatar, Korsel, dan Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023
Konfederasi Sepak Bola Asia. (wikipedia)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Qatar, Korea Selatan (Korsel), dan Indonesia calon tuan rumah Piala Asia 2023. Ketiga negara ini menjadi kandidat setelah China dan Australia mengundurkan diri.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah melakukan kunjungan ke beberapa stadion Indonesia untuk inspeksi kelayakan pada 1-4 September 2022. Qatar yang juga tuan rumah Piala Dunia 2022 telah mendapat kunjungan pada 8-10 September setelah AFC mengunjungi Korea Selatan. Komite Eksekutif (Exco) AFC berencana akan mengumumkan tuan rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober 2022.

Siapa kandidat paling berpotensi jadi tuan rumah? Berikut ini perbandingan 3 negara calon tuan rumah Piala Asia 2023 yang dilansir iNews.id, Jumat (7/10/2022).

1. Qatar

Qatar negara mungil, tapi kaya yang menjadi salah satu kandidat tuan rumah. Melihat sepak terjang dan kualitasnya, Qatar pernah menjadi tuan rumah Piala Asia 2011. Yang lebih mewah, Qatar juga bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 akhir tahun ini. Oleh karena itu, secara kualitas dan kapasitas, Qatar tidak perlu dipertanyakan lagi.

Qatar punya beberapa stadion besar dan mewah berstandar tinggi yang lebih dari pantas untuk menjadi venue Piala Asia 2023. Sebut saja Stadion Internasional Khalifa, Stadion Al Janoub, Stadion Education City, Stadion Al Bayt, atau Stadion Lusail Iconic. Namun, AFC mungkin saja akan berpikir ulang menunjuk Qatar lantaran negara tersebut telah repot menggelar Piala Dunia. Jika demikian, Korea Selatan dan Indonesia memiliki kans besar.

2. Korea Selatan

Dalam hal infrastruktur, Korea Selatan tentu tidak perlu diragukan. Ia jauh lebih berpengalaman dalam menggelar ajang Internasional.  Pasalnya, Korea pernah didapuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Jepang. Korea juga menjadi negara Asia papan atas dalam hal sepak bola. Negeri Gingseng itu memiliki sejumlah stadion berstandar tinggi seperti Olympic Stadium Seoul atau Jamsil Olympic Stadium yang menjadi stadion utama saat menyambut menyambut 1988 Summer Olympics dan 10th Asian Games pada 1986. Ada juga Stadion Piala Dunia Jeju yang pernah dipakai untuk menyambut Piala Dunia 2002, ada juga Stadion Piala Dunia Daejeon, Seoul World Cup Park, atau Stadion Piala Dunia Jeonju.

3. Indonesia

Dibanding 2 negara kandidat yang lain, Indonesia bisa dikatakan tidak ada apa-apanya jika berbicara infrastruktur. Hanya ada beberapa stadion yang mungkin bisa menjadi etalase. Misalnya saja adala venue Piala Dunia U-20 seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno atau SUGBK (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Peluang Indonesia untuk jadi tuan rumah mungkin semakin sempit jika AFC berpikir ulang lantaran tragedi sepak bola yang baru saja terjadi di Indonesia. Jika demikian, Korea Selatan bisa dikatakan lebih memiliki peluang paling besar untuk menjadi tuan rumah. Itulah 3 negara calon tuan rumah Piala Asia 2023. (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini