get app
inews
Aa Read Next : KPU Resmi Tetapkan DPT Pemilu 2024 sebanyak 204 Juta di 38 Provinsi 128 Negara

7 Fakta Sealand Negara Terkecil di Dunia, Sempat Akan Dijual Rp14 Triliun

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 08:41 WIB
header img
Sealand, negara terkecil di dunia (Foto: Narratively)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Fakta-fakta Sealand, negara terkecil di dunia, menarik untuk diketahui. Negara tersebut hanya seluas 4.000 meter persegi di laut dekat Inggris yang dulunya benteng pertahanan Perang Dunia II.

Inggris membangun beberapa benteng pertahanan di laut untuk menangkis serangan tentara Nazi Jerman pada Perang Dunia II. Beberapa benteng di antaranya dibangun di perairan internasional.

Salah satu benteng terkenal yang dibangun menggunakan beton dan baja adalah Fort Roughs. Lokasinya sedikit lebih ke utara dari muara Sungai Thames, di pantai timur Inggris. Fort Roughs berdiri di luar wilayah kedaulatan Inggris, yakni berjarak sekitar 11 km dari pantai. 

Berikut beberapa fakta tentang Sealand:

1. Berdiri di Atas 2 Platform 

Sebagaimana layaknya bangunan buatan di atas laut, Sealand ditopang oleh pilar utama yakni dua tiang yang menghujam ke dasar laut. Fungsi awalnya adalah sebagai menara pengawas dan benteng pertahanan yang ditinggali 150 sampai 300 personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Mereka berjaga dari potensi ancaman serangan pasukan Jerman saat itu.

2. Diklaim Mantan Tentara Inggris Berpangkat Mayor 

Sealand atau bernama lengkap Principality of Sealand didirikan oleh Roy Bates, seorang mayor tentara Inggris yang kemudian mendirikan radio. Dia awalnya ingin mendirikan stasiun radio di lepas pantai. 

Sebenarnya bukan Menara Fort Rough yang menjadi incaran pertamanya, melainkan benteng lain bernama Knock John. Namun dia kalah bertarung dengan pemerintah Inggris di pengadilan untuk merebut benteng itu karena lokasinya masih berada dalam wilayah kedaulatan Inggris. Setelah itu dia beralih ke Fort Roughs. Bentuknya sama dengan Knock John hanya posisinya lebih jauh dari pantai.

Pada malam Natal 1966, Roy mendeklarasikan negara merdeka Sealand setelah berkonsultasi dengan pengacaranya. Padahal niat awalnya hanya menjadikan Fort Roughs sebagai stasiun radio.

3. Berdiri sebagai Kerajaan pada 1967

Meski sudah mengklaim sebagai negara, Roy baru meresmikan sistem pemerintahan setahun kemudian. Dia mendeklarasikan Sealand sebagai kerajaan pada 2 September 1967. Saat itu dia ditemani sang istri, Joan, kedua anak mereka, Michael (saat itu 14 tahun) dan Penelope (16), serta beberapa teman. 

Berdirinya negara ditandai dengan pengibaran bendera. Sang istri Joan diangkat menjadi Putri Joan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut