get app
inews
Aa Read Next : Agama Warga Uzbekistan Mayoritas atau Sebanyak 96,3 Persen Islam

HIKMAH JUMAT : Menjemput Pahala di Hari Jumat

Jum'at, 04 November 2022 | 04:30 WIB
header img
Hari Jumat adalah hari raya bagi umat Islam. (Foto : Ist)

Memperbanyak membaca shalawat nabi di hari Jumat

Memperbanyak membaca shalawat sangat dianjurkan dilakukan setiap hari, terlebih lagi di hari Jumat. Dalam konteks ini, tidak ada batasan jumlah bacaan shalawat yang dianjurkan dibaca di hari Jumat. Oleh karenanya, lakukanlah sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuan.

Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat.” (HR. Baihaqi).

Memperbanyak doa di hari Jumat

Terkait dengan memperbanyak doa di hari Jumat, Abu Hurairah R.A. menceritakan bahwa Baginda Rasulullah SAW membicarakan mengenai hari Jumat dan beliau bersabda:

“Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.

Para ulama berbeda pendapat terkait dengan sebentarnya waktu pada hadits di atas. Namun secara umum, terdapat empat pendapat yang menjelaskan tentang sebentarnya waktu tersebut.

Imam Muslim, Imam An Nawawi, Al Qurtubhi, Al Baihaqi dan Ibnul Arabi berpendapat bahwa waktu tersebut adalah sejak imam naik mimbar hingga shalat Jumat usai.

Pendapat ini didasarkan kepada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Musa Al Asy’ari R.A. yang artinya: “Waktu tersebut adalah ketika imam naik mimbar hingga shalat Jum’at selesai”.

Pendapat kedua adalah pendapatnya Imam At-Tirmidzi dan Ibnul Qayyim Al Jauziyah yang menyatakan bawah waktu tersebut adalah setelah ashar hingga mata hari terbenam.

Pendapat ini didasarkan kepada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Jabir bin Abdillah R.A. yang artinya: “Dari 12 jam pada hari Jumat ada satu waktu, jika seorang muslim meminta sesuatu kepada Allah Azza Wa Jalla pasti akan dikabulkan. Carilah waktu itu di waktu setelah ashar.”


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : Dok Pribadi)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut