get app
inews
Aa Read Next : Agama Warga Uzbekistan Mayoritas atau Sebanyak 96,3 Persen Islam

HIKMAH JUMAT : Menjemput Pahala di Hari Jumat

Jum'at, 04 November 2022 | 04:30 WIB
header img
Hari Jumat adalah hari raya bagi umat Islam. (Foto : Ist)

Pendapat ketiga adalah pendapatnya Ishaq bin Rahawaih, At Thurthusi, dan Ibnul Zamlakani yakni seperti pendapat kedua namun yang dimaksud setelah ashar itu adalah di akhir-akhir hari Jumat.

Pendapat keempat adalah gabungan dari ketiga pendapat di atas, yang diperkuat dengan pendapatnya Ibnu Hajar serta Ibnu ‘Abdil Barr yang menganjurkan agar memperbanyak doa pada kedua waktu di atas. Ibnu ‘Abdil Barr dan Imam Ahmad bin Hambal juga berpendapat bahwa memperbanyak do’a bisa dilakukan seseorang tidak hanya pada waktu-waktu tertentu saja, namun sepanjang hari Jumat.

Membaca surat Al Kahfi

Membaca surat Al Kahfi dapat dilakukan di malam ataupun siang hari di hari Jumat. Hal ini ditegaskan oleh Al Hakim dari Abu Sa’id Al Khudri R.A. bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai.”

Pada hadits yang lain, dari Abu Sa’id Al Khudri R.A. bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jum'at." (HR. Hakim).

Sementara itu, pada hadits yang diriwayatkan oleh Ad Darimi, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah).”

Mandi sebelum berangkat shalat Jumat

Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk ke masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai dengan tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat.” (HR. Bukhari).

Memotong kuku dan mencukur kumis

Aktivitas memotong kuku dan mencukur kumis dianjurkan untuk dilaksanakan sebelum berangkat shalat Jumat. Hal ini ditegaskan dalam hadits dari Abu Hurairah R.A. yang menceritakan bahwa Baginda Rasulullah SAW memotong kukunya dan mencukur kumisnya pada hari Jumat sebelum berangkat shalat (HR. Al Baihaqi).

Demikianlah beberapa amalan baik wajib maupun sunnah yang dapat diamalkan di hari Jumat sebagai bagian dari ikhtiar untuk menjemput pahala di hari Jumat. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada, karena kita tidak pernah tahu dari amal mana yang menyebabkan kita mendapatkan rahmat dari Allah SWT.      

Wallahu a’lam bish-shawab.


Perbanyak doa dan shalawat di hari Jumat. (Foto : Ist)

      

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut