get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Ramadhan Datang, Hati pun Senang

HIKMAH JUMAT : Optimalisasi Ibadah di Bulan Rajab

Jum'at, 27 Januari 2023 | 05:28 WIB
header img
Bulan Rajab identik dengan bulan shalat. Di bulan ini, Baginda Rasulullah SAW menerima perintah secara langsung dari Allah SWT. (Foto : Ist)

Tidak hanya puasa, namun juga berbagai bentuk ibadah dan ketaatan lainnya sebagai bentuk implementasi takwa, dapat kita optimalisasi pada bulan Rajab ini. Shalat misalnya, bagi yang hanya terbiasa melaksanakan shalat wajib, maka mulai bulan Rajab ini sebaiknya ditambahkan dengan shalat sunnah rawatib dan atau shalat-shalat sunnah lainnya.

Rajab juga identik dengan bulan shalat. Pada bulan Rajab inilah Baginda Rasulullah SAW menerima perintah secara langsung dari Allah SWT terkait kewajiban shalat lima waktu sehari semalam bagi seluruh umat Islam. Peristiwa tersebut dikenal dengan Isra Mi’raj.

Satu hal lagi yang harus diingat adalah pada bulan haram ini, Allah tidak hanya melipatgandakan pahala berbagai bentuk ibadah ketaatan yang dilakukan, namun Allah juga melipatgandakan dosa dari kemaksiatan yang dilakukan di bulan haram. Oleh karenanya, berhati-hatilah dengan perbuatan maksiat di bulan haram.

Ibnu Abbas berpendapat bahwa Allah SWT menetapkan empat bulan di atas sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, oleh karenanya melakukan kemaksiatan pada keempat bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan shalih yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang lebih banyak pula.

Tidak ada hadits yang menjelaskan secara terperinci jenis-jenis amal ketaatan apa saja yang baik dilakukan di bulan Rajab. Oleh karenanya para ulama hanya menganjurkan kepada kita untuk memperbanyak amal shalih, apa pun bentuknya, di bulan Rajab ini.

Dengan demikian, optimalisasi ibadah menjadi pilihan yang tepat bagi kita dalam rangka mengisi bulan Rajab. Dalam konteks ini, ibadah yang dimaksud adalah seluruh bentuk amal shalih yang dapat dilakukan dari mulai kita bangun tidur hingga tidur lagi. Amal shalih tersebut harus diniatkan untuk Allah, serta tata caranya mengikuti tata cara yang dicontohkan Baginda Rasulullah SAW.

Allah SWT berfirman: ”Katakanlah (Muhammad): Jika kalian benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa kalian.” (QS. Ali Imran [3]: 31).


Tak ada salahnya melakukan optimalisasi ibadah di bulan Rajab ini. (Foto : Ist)

Wallahu a’lam bish-shawab.

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut