get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

HIKMAH JUMAT : Ramadhan Datang, Hati pun Senang

Jum'at, 24 Maret 2023 | 02:48 WIB
header img
Marhaban yaa Ramadhan (selamat datang bulan Ramadhan) adalah salah satu ungkapan rasa senang menyambut datangnya bulan Ramadhan. (Foto : Ist)

PENULIS : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina) 

ALHAMDULILLAH bulan yang dinanti-nanti itu kini telah datang. Hari ini kita berada di hari Jumat pertama, bertepatan dengan 2 Ramadhan 1444 H. Bulan Ramadhan bulan yang dinantikan kehadirannya semenjak berakhirnya Ramadhan tahun lalu.

Tentu di hari dan bulan yang istimewa ini kita berharap, semoga Allah memberikan keamanan, kesehatan, keselamatan, kekuatan iman dan Islam kepada kita untuk dapat beribadah sebaik-baiknya hingga akhir Ramadhan nanti.

Sebagai seorang muslim yang mukmin, tentu kehadiran bulan Ramadhan ini membuat hati kita menjadi senang. Rasa senang adalah cerminan rasa syukur dan bahagia seorang mukmin dengan kedatangan Ramadhan.

Marhaban yaa Ramadhan (Selamat datang bulan Ramadhan) adalah salah satu ungkapan rasa senang menyambut datangnya bulan Ramadhan. Berbagai do’a juga banyak dipanjatkan. Bahkan do’a-do’a tersebut semakin intensif dipanjatkan semenjak awal Rajab hingga Sya’ban berakhir.

Mengapa kita harus senang dengan kedatangan Ramadhan?

Rasa senang dan bahagia dengan kedatangan Ramadhan merupakan cerminan keimanan kita terhadap agama Islam. Allah dan Rasul-Nya menyampaikan berbagai keistimewaan bulan Ramadhan yang tidak dapat kita temukan di bulan-bulan yang lain.

Atas dasar keimanan tersebutlah maka kita senantiasa menanti kehadiran Ramadhan semenjak berlalunya bulan Ramadhan. Sebelas bulan kita menunggu kehadirannya, maka menjadi hal yang sangat wajar bila kita merasa senang dengan kedatangannya.

Justru akan menjadi tidak wajar, jika seseorang yang mengaku dirinya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, tetapi tidak senang dengan kedatangan bulan Ramadhan. Patutlah dipertanyakan keimanannya terhadap Allah dan Rasul-Nya.

Berbahagia dengan kedatangan bulan Ramadhan adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengekspresikan keimanan kita terhadap ajaran agama Islam. Rasa bahagia ini diaktualisasikan dengan menjalankan berbagai amal shalih selama bulan Ramadhan.

Baginda Rasulullah SAW bersabda:

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian berpuasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Siapa yang terhalang untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan.” (HR. Ahmad dan Nasai).

Pada hadits di atas, Baginda Rasulullah SAW menyampaikan kabar gembira kepada para sahabatnya dengan datangnya suatu bulan yang penuh berkah, yaitu bulan Ramadhan. Berita gembira ini tentu tidak hanya untuk para sahabat, namun juga bagi seluruh orang beriman.


Sebagai seorang muslim yang mukmin, kehadiran bulan Ramadhan ini membuat hati menjadi senang. (Foto : Ist)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut