get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

HIKMAH JUMAT : Implementasi Nilai-nilai Shalat

Jum'at, 17 Februari 2023 | 04:30 WIB
header img
Shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. (Foto : Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina

BEBERAPA hari lagi, bulan Rajab 1444 H sebagai bulan haram (Al Asyhurul Hurum) akan meninggalkan kita. Bulan Rajab juga dikenal sebagai bulan shalat, karena pada bulan ini Allah SWT mewajibkan ibadah shalat lima waktu sehari semalam bagi umat Islam.

Sebagai bulan shalat, maka tema hikmah Jum’at pekan ini, masih membahas tentang shalat. Judul yang diangkat adalah implementasi nilai-nilai shalat dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu seorang muslim maupun dalam bermasyarakat.

Allah SWT berfirman: “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut [29]: 45).

Dalam tafsir Al-Misbah, Prof. Dr. Quraish Shihab menjelaskan bahwa shalat yang dikerjakan dengan penuh keikhlasan akan memalingkan orang yang mengerjakannya dari dosa-dosa besar dan segala yang tidak dibolehkan dalam agama.

Betapa dahsyatnya pengaruh shalat, sehingga shalat yang benar yang dilakukan dengan penuh keikhlasan mampu membuat orang yang melakukannya terhindar dari perbuatan keji dan munkar. Di sinilah keindahan shalat yang dapat dirasakan manfaatnya oleh orang yang melakukannya.

Perbuatan keji adalah perbuatan yang dianggap paling buruk di antara perbuatan maksiat yang disenangi oleh jiwa kita. Sementara itu, perbuatan yang munkar adalah seluruh perbuatan maksiat yang diingkari oleh akal dan fitrah kita sebagai manusia.

Namun, tidak semua shalat mampu mencegah manusia dari perbuatan keji dan munkar, bahkan ada shalat yang menyebabkan manusia tergelincir ke dalam neraka. Allah SWT berfirman: “Maka, kecelakaanlah bagi orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna.” (QS. Al-Ma’un [107]: 4 – 7).     

Kalau begitu, shalat seperti apa yang mampu mencegah manusia dari perbuatan keji dan munkar?

Shalat yang mampu mencegah orang yang melaksanakannya dari perbuatan keji dan munkar adalah shalat yang didirikan oleh seorang hamba dengan menyempurnakan rukun dan syaratnya. Pada saat mendirikan shalat, hatinya hadir, khusyuk memikirkan dan meresapi makna dari setiap bacaannya.

Sikap penuh khusyuk seperti itu menyebabkan hati seorang hamba menjadi bersih dan bersinar, imannya bertambah, kecintaannya kepada kebaikan semakin menguat, dan hasratnya untuk melakukan berbagai kemaksiatan pun semakin melemah.


Bulan Rajab juga dikenal sebagai bulan shalat. (Foto Ist)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut