get app
inews
Aa Read Next : Whoosh Bukan Sekadar Nama Kereta Cepat Jakarta - Bandung, Punya Arti Khusus

China Garap 5 Proyek Raksasa di Indonesia Nilai Investasi Ratusan Triliun Rupiah

Selasa, 07 Februari 2023 | 08:53 WIB
header img
Proyek kereta cepat Jakarta Bandung menjadi proyek kerja sama Indonesia - China paling sering disorot publik. (Foto : Ist)

4. PT GNI PT Gunbuster Nickel Industri

GNI sempat menjadi sorotan akibat bentrok pekerja lokal dan TKA China. Nilai invetasi proyek sebesar USD3 miliar atau Rp45 triliun. Pabrik GNI yang diresmikan Jokowi pada Desember 2021 dibangun di daerah Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Pabrik itu dimiliki oleh perusahaan baja China, yakni Jiangsu Delong Nickel Industry Co. Ltd, perusahaan pertambangan nikel yang bergerak di bidang penambangan, peleburan, dan pemurnian nikel.

5. Waduk Jatigede

Waduk Jatigede diresmikan pada 2015. Investasi China diproyek ini tidak terlalu besar. CEXIM-China hanya mengucurkan dana USD215,62 juta atau sekitar Rp3,23 triliun. Jumlah itu sekitar 46% dari total anggaran waduk yang mencapai Rp7 triliun (USD467 juta).

Sejatinya, proyek ini sendiri dimulai pada 2008, di era pemerintahan SBY. Waduk Jatigede Proyek yang digagas sejak era Presiden Soekarno ini mulai dialiri air pada 2015 lalu.

Waduk Jatigede adalah waduk seluas 4.983 hektare. Selain untuk irigasi, wadu juga menjadi pembangkit listrik sumber tenaga PLTS 110 megawatt. (*)


Lokasi pabrik GNI di marowali. GNI sempat menjadi sorotan akibat bentrok pekerja lokal dan TKA China. (Foto : Ist)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 05 Februari 2023 - 12:42 WIB oleh I. Husni Isnaini dengan judul "5 Proyek Raksasa China di Indonesia: Habiskan Duit Rp112,5 Triliun, Nomor 2 Paling Ribet...Bet".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut