get app
inews
Aa Read Next : Kutip Dalil, Celaka Orang yang Shalat Namun Tidak Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Lengkap dengan Tafsir dan Artinya, Inilah Makna Kun Fayakun di Alquran Surat Yasin Ayat 82

Rabu, 08 Februari 2023 | 18:30 WIB
header img
Makna Kun Fayakun di Alquran surat Yasin ayat 82 (Foto: Haci Elmas)
 

فَسُبۡحٰنَ الَّذِىۡ بِيَدِهٖ مَلَـكُوۡتُ كُلِّ شَىۡءٍ وَّاِلَيۡهِ تُرۡجَعُوۡنَ 

Latin: Fasubhaanal ladzii biyadihii Malakuutu kulli syai-inwwa ilaihi turja'uun. 

Artinya: "Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya kamu dikembalikan." (Surat Yasin Ayat 83)

Mengutip dari  tafsir Ibnu Katsir terhadap ayat tersebut disebutkan bahwa ayat 83 semakna dengan Surat Al-Mulk ayat 1: 

"Maha suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan." 

Ayat di atas merupakan ungkapan Maha Suci Allah, Tuhan yang terus menerus mengurus makhluk-Nya dari semua keburukan. Di tangan-Nya, semua kendali dan kekuasaan berada.

Dialah Yang Menciptakan dan Yang Memerintah, dan hanya kepada-Nya dikembalikan semua hamba pada hari mereka dibangkitkan, lalu Allah akan membalas setiap orang sesuai amal perbuatannya. 

Adapun lafaz al-Mulk dan al-Malakut sama, seperti halnya lafadz rahmah dan rahmat, rahbah, dan rambut, dan jabar dan jabarut. Imam Abu Dawud dan Imam Turmudzi di dalam Kitab Asy-Syama'il serta Imam Nasai meriwayatkan melalui hadis Syu'bah ibn Amr ibnu Murrah: --dari Abu Hamzah maula Al-Ansar, dari seorang lelaki dari Bani Abs, dari Huzaifah RA--, bahwa ia pernah melihat Rasulullah SAW shalat di malam hari, dan beliau mengucapkan: "Allahu Akbar (3 kali) Yang memiliki semua kerajaan, kebesaran dan keagungan.

Setelah itu beliau membuka dengan membaca Al-Fatihah dan membaca Surat Al-Baqarah, lalu rukuk, dan lama rukuknya sama dengan lamanya berdiri. Dalam rukuknya itu beliau membaca: "سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ" (Mahasuci Tuhanku Yang Maha agung/besar). Beliau mengangkat kepalanya dari rukuk, dan i'tidal yang dilakukannya hampir sama dengan rukuknya. 

Dalam i'tidalnya beliau membaca "Bagi Tuhanku segala puji". Kemudian sujud, dan lama sujudnya itu sama dengan lama berdirinya. Dalam sujudnya beliau membaca: "سبحان ربي الأعلى" (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi). 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut