get app
inews
Aa Read Next : Kapasitas 30.000 Unit per Tahun, Indonesia Basis Produksi Mobil Listrik GAC Aion di Asia Tenggara

Raja Restoran Hot Pot Berharta Rp161 Triliun, Profesi Sebelumnya Sebagai Tukang Las

Minggu, 26 Februari 2023 | 10:25 WIB
header img
Raja restoran hot pot, Zhang Yong. (Foto : Forbes)

SINGAPURA, iNewsSerpong.id - Raja restoran hot pot berharta Rp161 Triliun bernama Zhang Yong salah seorang terkaya di Singapura.

Berdasartkan publikasi Forbes, pendiri dan CEO Haidilao International Holding itu, memiliki kekayaan hingga mencapai USD11,1 miliar atau setara dengan Rp161 triliun. 

Semua kekayaan tersebut berasal dari kerajaan restoran hot pot Haidilao. Dia memiliki banyak restoran hot pot yang tersebar di seluruh dunia, sehingga membuat Zhang dijuluki sebagai raja restoran hotpot. 

Bukan Keturunan Miliarder

Harap dicatat, kesuksesan pria yang berada di urutan 75 orang terkaya dunia ini tidak dicapai dengan mudah. Zhang bukan keturunan miliarder atau pengusaha. Dia bahkan tak pernah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Zhang yang tidak tahu cara menyajikan hot pot  ini baru mengunjungi restoran hot pot untuk pertama kalinya pada usia 19 tahun. Sayangnya, miliarder kelahiran Sichuan, China itu mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan saat itu.

Menurutnya, makanan yang disajikan di bawah standar dan pelayanannya buruk. Namun pengalaman tersebut justru membuat Zhang menyadari pentingnya layanan pelanggan.

Setelah berselisih dan ditolak bosnya untuk mendapatkan apartemen perusahaan, dia memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai tukang las di pabrik traktor yang telah enam tahun ditekuninya. 

Pada 1994, dia membuka restoran hot pot pertama. Dia mengaku tidak memiliki modal, latar belakang memasak atau keahlian yang mumpuni dalam menyiapkan hot pot tradisional Sichuan.

Namun dia memiliki visi menawarkan pengalaman restoran yang berkesan kepada pelanggannya. Zhang mendirikan Haidilao bersama kekasihnya Shu Ping yang kini menjadi istrinya, serta dua teman.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut