get app
inews
Aa Read Next : Anies Baswedan Didukung Jusuf Kalla Maju Pilgub Jakarta 2024

Sedikit-sedikit Minta Restu, itu Kata Jokowi Jelang Pilpres 2024

Senin, 03 April 2023 | 02:27 WIB
header img
Presiden Jokowi menyebut jelang Pilpres 2024 banyak yang meminta restu dirinya. (Foto : SINDOnews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Jelang Pilpres 2024 banyak yang meminta restu pada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Itu kata Jokowi saat menghadiri “Silaturahmi Ramadan bersama Presiden RI” di Kantor DPP Partai Amanat Nasional, Minggu (2/4/2023).

Jokowi menegaskan tetap harus netral dan objektif dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Urusan pilpres adalah urusan partai, atau gabungan partai, jangan presiden itu diikut-ikutkan.

"Tapi sering ketua partai ini dikit-dikit sudah direstui Presiden," ujar Jokowi.

Berkoalisi Dalam Pemilu

Jokowi mengaku, banyak pihak-pihak yang ingin bertemu dirinya dan terkadang dianggap sebagai pihak yang membuat sejumlah partai politik yang akan berkoalisi dalam Pemilu 2024.

"Apa hubungannya? Saya kadang-kadang, apa hubungannya? Nggak ada hubungannya. Apalagi kalau datang ke saya, dalam membangun koalisi semuanya sudah disetujui Presiden. Urusannya apa saya," tegas Jokowi.

Presiden Jokowi mengaku tidak memiliki urusan atau kepentingan politik praktis terkait koalisi partai politik yang terbentuk.

"Membangun koalisi mencalonkan seseorang, ya kalau saya ditanya saya jawab 'Pak bapak setuju nggak, Pak Prabowo jadi capresnya?' Ya saya kalau ditanya saya jawab, kalau saya setuju ya saya ngomong setuju, kalau ndak ya ndak. Kalau setuju, setuju, mantap gitu. Jadi kalau saya ditanya, kalau enggak ditanya saya diam-diam aja," ucapnya.

Terkait terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Joko Widodo juga mengaku tidak membentuk koalisi tersebut. "(Ada isu) terbentuknya Koalisi KIB itu dari Presiden itu, siapa dari, KIB itu kan terbentuk karena pertemuannya Pak Airlangga, Pak Zul sama Pak Mardiono terbentuk.

Baru datang ke saya “Pak saya mohon restu” kalau saya ditanya itu “ya saya restui” sebetulnya hanya gitu-gitu. Jadi bukan saya bentuk KIB gini, ndak pernah," tegas Jokowi.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut