get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Berdo’alah di Tiga Waktu Ini

HIKMAH JUMAT : Ada Apa dengan Haji Mabrur?

Jum'at, 09 Juni 2023 | 05:36 WIB
header img
Jamaah haji tawaf. Tidak ada balasan yang lebih pantas bagi seseorang yang memperoleh haji mabrur kecuali surga. (Foto : Ist)

Balasan Haji Mabrur adalah Surga

Tidak ada balasan yang lebih pantas bagi seseorang yang memperoleh haji mabrur kecuali surga. Demikian disabdakan oleh Baginda Rasulullah SAW yang artinya: “Umrah ke umrah yang lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain surga.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits di atas, maka sudah sepantasnyalah bagi orang yang pergi berhaji senantiasa berdo’a dan berharap agar hajinya menjadi haji mabrur. Dengan memperoleh haji mabrur maka surga adalah balasan yang akan diraihnya kelak di akhirat.

Haji Mabrur adalah Salah Satu Amalan yang Paling Utama

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah diceritakan bahwa seseorang bertanya kepada Baginda Rasulullah SAW tentang amalan apa yang paling utama. Baginda Rasulullah SAW menjawab: “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Kemudian ia bertanya lagi: “Lalu apa lagi?”

Baginda Rasulullah SAW menjawab: “Kemudian jihad di jalan Allah.” Kemudian ia bertanya lagi: “Lalu apa lagi?” Baginda Rasulullah SAW menjawab: “Kemudian haji mabrur.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Haji Mabrur Dapat Menghapus Dosa Masa Lalu

Luar biasanya haji mabrur, tidak hanya surga balasannya, kemudian menjadi salah satu amalan yang paling utama, namun haji mabrur juga dapat menghapus dosa-dosa masa lalu dari seseorang yang meraih haji mabrur.

Hal ini ditegaskan oleh Baginda Rasulullah SAW melalui sabdanya yang artinya: “Barangsiapa yang berhaji lalu ia tidak berkata kotor dan tidak berbuat fasik, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. At-Tirmidzi).


Haji mabrur intinya adalah adanya perubahan sikap dan kebiasaan dari seseorang setelah pergi berhaji menuju sikap dan kebiasaan yang lebih baik lagi. (Foto : Ist)
 
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut