get app
inews
Aa Read Next : Lamborghini Telah Rilis dan Perkenalkan Logo Baru

Ilmuwan Indonesia Dikontrak Ducati, Ferrari dan Lamborghini, Usai Temukan Air Jadi Bahan Bakar

Selasa, 04 Juli 2023 | 15:05 WIB
header img
Viral Ilmuwan Indonesia Aryanto Misel menemukan alat yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar hidrogen dikontrak Ducati, Ferrari dan Lamborghini. (Foto: Istimewa/ IG Aryanto Misel)

Muhamad Fadli Ramadan

Viral Ilmuwan Indonesia Aryanto Misel menemukan alat yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar hidrogen dikontrak Ducati, Ferrari dan Lamborghini. (Foto: Istimewa/ IG Aryanto Misel)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Ilmuwan RI Aryanto Misel mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Dikabarkan Aryanto mendapatkan tiga kontrak sekaligus dari Ducati, Ferrari dan Lamborghini dari temuan alat yang dapagt mengubah Air menjadi bahan bakar.   

 

Aryanto Misel sempat menjadi perbincangan hangat pada 2022 atas penemuan alat terbarunya. Dia menciptakan alat canggih yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar hidrogen. Temuannya ini sempat dicemooh ilmuwan lain dari Indonesia.

Padahal Aryanto telah banyak menciptakan alat-alat canggih. Total dia sudah menemukan 120 alat canggih termasuk Nikuba.

Ini berkat kegemarannya dalam ilmu fisika sejak duduk di bangku SMP. Dia senang bisa menemukan alat-alat fungsional. Bahkan, delapan alat temuannya telah dijual ke luar negeri. Salah satunya Jepang yang notabene merupakan negara teknologi. Penemuan pertama Aryanto adalah Avtur, bahan bakar pesawat Aeromodelling pada 1987. Setelah itu, pada 2005 Aryanto membuat Bio Diesel dari jelantah yang digunakan khusus untuk kapal nelayan untuk menghemat bahan bakar.

Pembuatan biodiesel tersebut dilatarbelakangi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga 100 persen. Kondisi tersebut membuat nelayan tidak bisa melaut.

Dilansir dari akun Instagramnya @aryantomisel, dia juga menemukan baju antipeluru dari sabut kelapa, alat pemadam kebakaran, kompor organik dari bahan bakar pelet kayu, dan sebagainya. 

Adapun penemuan Nikuba Hidrogen menjadi pembicaraan hangat pada Mei 2022. Nikuba berfungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung dalam air (H2O). Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor.

Satu tetes air diklaim bisa untuk menjalankan motor sejauh 45-50 kilometer. Aryanto mengaku sudah 7 tahun mengembangkan teknologi tersebut.

Nama Aryanto kembali viral setelah dilaporkan diundang ke Italia untuk mempresentasikan dan menguji coba alat Nikuba Hidrogen. Disebutkan dia terbang ke Italia pada Jumat 16 Juni 2023.

Di sana Aryanto menunjukkan cara kerja alat ciptaannya di hadapan Ducati, Ferrari serta Lamborghini. Aryanto dikabarkan dikontrak tiga pabrikan otomotif dunia tersebut. Jika benar ini sungguh membanggakan. 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Viral, Ilmuwan Indonesia Aryanto Misel Temukan Air Jadi Bahan Bakar Dikontrak Ducati, Ferrari dan Lamborghini ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/aksesoris/viral-ilmuwan-indonesia-aryanto-misel-temukan-air-jadi-bahan-bakar-dikontrak-ducati-ferrari-dan-lamborghini.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut