get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Berdo’alah di Tiga Waktu Ini

HIKMAH JUMAT : Konsep SMART dalam Menyusun Rencana Ibadah

Jum'at, 21 Juli 2023 | 04:00 WIB
header img
Membuat rencana ibadah diperlukan sebuah konsep yang tepat. Jangan sampai hanya sebatas rencana, hanya di atas kertas tidak mampu diimplementasikan. (Foto : Okezone)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina

TAHUN 1444 H baru saja berganti menjadi tahun baru 1445 H. Berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka menyambut datangnya tahun baru 1445 H. Pawai obor, kajian, muhasabah, hingga do’a bersama pun dilakukan.

Namun demikian, tidak hanya cukup berhenti sampai di meriahnya kegiatan menyambut tahun baru saja. Kemeriahan menyambut tahun baru 1445 H harus ditindaklanjuti dengan membuat perencanaan yang terbaik untuk mengisi hari demi hari yang akan kita lalui di tahun 1445 H.

Membuat perencanaan terbaik dalam hidup adalah sebuah aktivitas yang diperintahkan oleh Allah SWT. Hal ini dapat dilihat pada firman Allah SWT yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr [59]: 18).

Kepentingan Hari Esok

Berdasarkan ayat di atas, maka sejatinya setiap manusia yang beriman diperintahkan oleh Allah SWT untuk senantiasa memperhatikan yang diperbuatnya hari ini untuk kepentingan hari esok. Dengan kata lain, kita harus memastikan bahwa rencana dan perbuatan yang kita lakukan adalah berdampak baik bagi kehidupan kita berikutnya.

Untuk itu, dalam membuat rencana ibadah diperlukan sebuah konsep yang tepat. Jangan sampai kita membuat rencana hanya sebatas rencana, baik hanya di atas kertas namun tidak mampu diimplementasikan.

Bagi para pembaca setia Hikmah Jum’at yang masih kebingungan menyusun rencana ibadah dalam rangka memperbaiki diri di tahun 1445 H, ada baiknya jika kita menggunakan konsep-konsep manajemen modern. Salah satunya adalah konsep SMART. Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh George T. Doran dalam Majalah Management Review tahun 1981.

SMART adalah akronim dari Specific (spesifik), Measurable (dapat diukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant (relevan), Time base (tenggat waktu). Smart juga bermakna cerdas. Dengan menggunakan konsep SMART, rencana ibadah dibuat dengan cara cerdas dan terarah sehingga akan menghasilkan rencana ibadah terbaik untuk tahun 1445 H.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : Dok Pribadi)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut