get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Fungsi Strategis Rumah dalam Islam  

HIKMAH JUMAT : Siklus Hidup Manusia

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 05:39 WIB
header img
Bagi orang yang dipanjangkan usianya, akan dikembalikan keadaannya seperti bayi dan anak-anak dahulu. (Foto : Ist)

 

Selanjutnya, kita pun tumbuh dan besar hingga menjadi dewasa dan tua renta. Akhirnya, tibalah batas usia kita, Allah SWT pun mewafatkan kita. Pasangan, anak-anak dan keluarga kita pun menangisi kematian kita.

Saking lemahnya, maka setelah wafat, kita pun dipakaikan pakaian berupa kain kapan untuk menutupi tubuh kita.

Satu hal yang harus senantiasa diingat adalah tidak ada satu pun di antara kita yang tahu batas akhir usia kita di dunia ini. Kalaupun kita berusia panjang, ketahuilah bahwa sepanjang-panjangnya usia kita, akan berada pada kisaran enam puluh hingga tujuh puluh tahun.

Terkait dengan usia umat Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Umur umatku berkisar antara enam puluh sampai tujuh puluh tahun, dan sedikit yang melewatinya.” (HR. Tirmidzi).

Oleh karenanya, jika sampai dengan usia enam puluh tahun, sedangkan dakwah telah sampai kepadanya, namun dia tetap tidak mau beriman, maka Allah SWT tidak akan menerima alasan apapun dari orang tersebut.

Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Allah meniadakan hujjah atau alasan seseorang yang Dia telah memanjangkan ajalnya (umurnya) sehingga Dia memberinya umur enam puluh tahun.” (HR. Bukhari).

Berapa pun usia Anda saat ini, selagi nafas masih berhembus dan jantung pun masih berdetak, manfaatkanlah sisa usia yang Allah berikan dengan sebaik-baiknya.

Jangan sampai kita termasuk ke dalam golongan manusia yang lalai, sehingga pada saat ajal datang menjemput, kita tidak membawa bekal amal yang cukup untuk menghadap Allah SWT. (*)


Siklus hidup sejatinya berada di antar senyum dan tangis. (Foto : Ist)
 

Wallahu a’lam bish-shawab.

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut