get app
inews
Aa Read Next : Universitas Buddhi Dharma Sukses Hadirkan Sistem Bisnis Digital untuk UMKM

Pertumbuhan Ekonomi Salah Satunya Bersumber dari Kolaborasi Perbankan-UMKM

Rabu, 16 Agustus 2023 | 21:15 WIB
header img
Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi didukung perbankan. Foto: IST

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Hal ini terjadi karena jumlah UMKM yang besar dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Data Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2022, terdapat sekitar 8,71 juta unit UMKM di negara ini. Perkembangan UMKM sangat dipengaruhi oleh tingkat modal yang dimiliki. Dalam konteks ini, sektor perbankan masih menjadi sumber utama pendanaan bagi para pelaku UMKM.

Irsyad Muchtar, Pemimpin Redaksi Majalah Peluang, mengungkapkan acara "Best Bank Performance of MSMEs Loans 2023" diikuti oleh acara pemberian penghargaan "BEST BANK PERFORMANCE of MSMES LOANS 2023" serta Seminar Nasional dengan tema "Menantang UMKM Go Public." Tujuan dari acara tersebut adalah untuk mengakui usaha sektor perbankan dalam mendorong pertumbuhan UMKM dengan meningkatkan akses terhadap pembiayaan dan juga memastikan kualitas pembiayaan tersebut.

Lebih lanjut, Irsyad menjelaskan bahwa penilaian untuk "Best Bank Performance of MSMEs Loans 2023" dilakukan dengan menggunakan kriteria rasio dan pertumbuhan. Pertumbuhan kredit (UMKM) dari tahun 2021 hingga 2022 dijadikan salah satu kriteria utama. Pertumbuhan kredit UMKM ini memiliki bobot sebesar 30% dalam penilaian.

Irsyad menjelaskan, "Penilaian standar terbaik untuk pertumbuhan kredit UMKM didasarkan pada rata-rata pertumbuhan di setiap kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI). Kriteria rasio melibatkan tiga aspek. Pertama, rasio pembiayaan UMKM terhadap total pembiayaan. Rasio yang dianggap baik adalah 20% atau lebih, dengan bobot 45%," ujarnya  Selasa, 15 Agustus 2023.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut