get app
inews
Aa Read Next : Cermati Gejala Covid-19 JN 1 yang Kini Serang Singapura

Singapura Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Bagaimana dengan Indonesia?

Selasa, 12 September 2023 | 07:20 WIB
header img
Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia (Foto: valeriygoncharukphoto/Elements Envato)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yang menarik untuk diketahui juga sebagai tumpuan bagi yang mengincar perkuliahan luar negeri. 15 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia menarik bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya.

Sistem pendidikan menjadi aspek penting karena dengan sistem yang baik dapat membangkitkan kualitas bangsa suatu negara.

Pendidikan merupakan suatu kewajiban yang perlu difasilitasi oleh negara kepada masyarakatnya. Pendidikan harus diutamakan karena membantu seseorang memperoleh pengetahuan baru, kemajuan dalam hidup, dan memiliki pemahaman menyeluruh tentang dunia. 

Dilansir dari Upgradaboard, negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia diurutkan dengan dua faktor, yakni Indeks Peluang Global. Indeks itu menunjukkan daya tarik suatu negara di mata investor internasional dengan menggabungkan faktor ekonomi, keuangan, kelembagaan, dan peraturan.

Kemudian, ada Indeks Kualitas yang merupakan metode lain untuk membantu menentukan kualitas hidup suatu negara dengan segala aspek, seperti kesehatan, pendidikan, peluang kerja, ekonomi, keamanan, dan lainnya.

Berikuti ini 15 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia seperti dirangkum iNews.id, Senin (11/9/2023):

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah salah satu negara teratas yang menarik banyak pelajar dari berbagai belahan dunia. Pendidikan berkualitas tinggi, universitas ternama dunia, serta infrastruktur dan fasilitas mutakhir. 

Negara ini memiliki beberapa universitas terbaik di dunia, seperti Harvard University, Stanford University, dan lainnya. Universitas di Amerika menawarkan lebih dari dua juta program studi. Sebagian besar universitas di AS mengikuti jadwal semester/trimester berdasarkan musim penerimaan.

2. Inggris 

Negara ini merupakan rumah bagi beberapa universitas terkenal di dunia yang menawarkan pendidikan berkualitas terbaik, berbagai program studi, fakultas terbaik, dan masih banyak lagi. Beberapa universitas terkenal di Inggris, di antarannya University of Oxford, University of Cambridge, dan lainnya. 

Sistem pendidikan di Inggris terdiri dari gelar sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Negara ini menawarkan berbagai macam kursus, seperti kursus UG untuk memudahkan pelajar mengejar gelar master. Kursus setahun itu menawarkan studi yang mendalam tentang subjek tertentu yang membuat pelajar memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan dan promosi bergaji tinggi.


3. Australia

Negara ini cocok bagi pelajar yang ingin melanjutkan kursus di bidang teknologi. Dengan lebih dari 39 universitas dan 30an lebih universitas yang didanai pemerintah, Australia menawarkan salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia dan mampu menarik jutaan pelajar dari seluruh dunia. 

Australian National University, The University of Melbourne, dan sebagainya merupakan beberapa universitas terbaik di Australia. Program sarjana, pascasarjana, dan doktoral serta kursus sertifikasi. Menurut sistem kredit akademik di Australia, mahasiswa sarjana diharuskan menyelesaikan 144 poin kredit. Sedangkan mahasiswa pascasarjana perlu menyelesaikan 96 SKS untuk mendapatkan gelar.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut