get app
inews
Aa Read Next : Cermati Gejala Covid-19 JN 1 yang Kini Serang Singapura

Singapura Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Bagaimana dengan Indonesia?

Selasa, 12 September 2023 | 07:20 WIB
header img
Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia (Foto: valeriygoncharukphoto/Elements Envato)

 

11. Jepang

Negara berteknologi maju ini dikenal memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Pelajar internasional bisa mendapatkan beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Jepang. 

Untuk mendapatkan gelar associate di Jepang, siswa yang belajar di Junior College harus menyelesaikan 93 SKS untuk kursus tiga tahun. Namun, mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi teknologi harus menerima 167 SKS untuk kursus lima tahun. Beberapa universitas terbaik di Jepang, yakni The University of Tokyo, Kyoto University, dan lain sebagainya.


12. Israel


Israel dikenal di seluruh dunia karena keunggulan akademisnya. Mulai dari jenjang sarjana, magister, bahkan PhD, kualitas pendidikannya tidak dapat diragukan lagi. Selagi program sarjana dan magister bisa dicari di semua universitas, gelar PhD hanya ditawarkan oleh universitas riset. 

Siswa yang terdaftar dalam program sarjana di Universitas Israel seharusnya menyelesaikan 120 kredit untuk mendapatkan gelar mereka. Salah satu universitas terkemuka di Israel adalah The Hebrew University of Jerusalem.


13. Finlandia

Finlandia dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara ini telah mengungguli banyak negara terkenal lainnya di dunia dalam mata pelajaran, seperti matematika, sains, dan membaca. Perguruan tinggi di negara ini dibagi menjadi universitas dan universitas ilmu terapan. 

Sistem pendidikan tinggi Finlandia didasarkan pada Sistem Transfer dan Akumulasi Kredit Eropa di mana siswa harus menyelesaikan 10 SKS per semester untuk mendapatkan gelar. University of Helsinki di Finlandia adalah salah satu kampus ternama di negara tersebut.

14. Taiwan

Ada beragam program studi yang ditawarkan oleh universitas-universitas di Taiwan dan program gelar diajarkan dalam dua bahasa (Mandarin dan Inggris) atau menggunakan bahasa Inggris secara keseluruhan. 

Pemerintah Taiwan uga menawarkan serangkaian beasiswa kepada pelajar internasional. Kebijakan penilaian kredit di Taiwan sangat mirip dengan universitas-universitas di Amerika Utara, dimana 1 kredit Taiwan sama dengan 2 kredit ECTS per semester. Oleh karena itu, mahasiswa harus menyelesaikan 2 SKS per semester untuk memperoleh gelar. Salah satu kampus terbaik di Taiwan adalah National Taiwan University (NTU).


15. Singapura


Singapura adalah negara lain di dunia yang mendapatkan reputasi menawarkan sistem pendidikan terbaik di dunia. Disiplin menjadi salah satu faktor terpenting yang dijaga dalam institusi pendidikan di Singapura. 

Fakultas di setiap universitas di negara ini terbilang sangat bagus. Kursus-kursus di sini dirancang sedemikian rupa sehingga pelajar internasional pun dapat memahaminya dengan mudah. Siswa yang mendaftar di gelar sarjana harus menyelesaikan 120 SKS. Namun, gelar sarjana dengan honours memerlukan minimal 160 kredit untuk mendapatkan gelar dan program tersebut biasa berfokus pada satu subjek dalam sebuah studi.

Itu dia 15 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia untuk referensi bagi yang berminat menempuh pendidikan di luar negeri.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut