get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Tenang Jangan Panik, Ini Cara Menangani Mobil Listrik jika Terbakar

Sabtu, 25 November 2023 | 05:00 WIB
header img
Bila mobil listrik terbakar jangan panik. (Foto : Autocar)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mobil konvensional terbakar di jalan sudah sering terjadi, sedang kasus mobil listrik terbakar sangat jarang. Bagaimana mengatasi apabila mobil listrik terbakar di jalan?

Berdasarkan laporan Swedish Civil Contingencies Agency, mobil berbahan bakar bensin dan diesel 19 kali lebih sering terbakar dibandingkan mobil listrik. Menunjukkan mobil listrik memiliki tingkat keamanan yang tinggi

Pabrikan mobil listrik juga telah mengambil langkah-langkah pencegahan agar insiden tersebut tidak terjadi. Meskipun demikian, bukan berarti mobil listrik tidak mungkin terbakar.

Gunakan Selimut Api

Sayangnya, jika mobil listrik terbakar, sulit untuk memadamkannya. Autocar melaporkan pada Sabtu (11/11/2023), "Saat coba dipadamkan, api akan selalu tiba-tiba menyala lagi."

Lalu, bagaimana cara memadamkan mobil listrik yang terbakar? Autocar menyebutkan bahwa para ahli memiliki pendapat yang berbeda. Namun, mereka setuju bahwa penggunaan air dalam jumlah besar dapat membantu mendinginkan baterai.

Baterai perlu didinginkan karena api cenderung berasal dari baterai. Selain air, penggunaan selimut api juga bisa digunakan untuk mencegah munculnya api baru dari baterai, meskipun tidak langsung memadamkannya.

"Cara yang paling terakhir adalah biarkan saja apinya padam setelah mobil listrik hangus," demikian yang dikutip oleh Autocar.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut