get app
inews
Aa
Read Next : 10 Universitas Dominasi Lolos Seleksi CPNS, Siapa Saja?

Membanggakan! Inilah 5 Universitas dengan Profesor Terbanyak

Sabtu, 29 Januari 2022 | 09:08 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Di Indonesia sendiri, pada tahun 2020 terdapat setidaknya 1.386 guru besar yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.
Guru Besar atau profesor merupakan jabatan fungsional tertinggi seorang dosen. Guru besar memiliki otoritas di bidang keilmuannya dan menerapkan Tridarma Perguruan Tinggi dengan baik.

Berikut adalah kampus dengan jumlah profesor terbanyak berdasarkan data Statistik Pendidikan Tinggi 2020 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Universitas Hasanuddin

Resmi berdiri di tahun 1956 di Makassar, Universitas Hasanuddin atau Unhas memiliki 318 orang profesor atau guru besar per tahun 2020. Angka tersebut menjadikan universitas ini sebagai universitas dengan jumlah guru besar terbanyak di Indonesia. Melansir laman resminya, Unhas kembali mengukuhkan 2 profesor pada Desember 2021. Keduanya sama-sama berasal dari Fakultas Teknik.

Universitas Gadjah Mada

Di posisi kedua, ada Universitas Gadjah Mada (UGM) yang memiliki 312 orang profesor. Universitas yang terletak di Yogyakarta ini memiliki DGB atau Dewan Guru Besar UGM yang mengemban beberapa tugas. Adapun tugasnya adalah menjadi pelopor dalam menjaga integritas moral dan etika sivitas akademika UGM, menyampaikan pemikiran atau pandangan kepada Universitas terkait pengembangan ilmu dan mengembangkan pemikiran atau pandangan, serta memberikan masukan kepada Universitas terkait isu strategis yang dihadapi bangsa dan negara. DGB juga akan mencari solusi penyelesaiannya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut