get app
inews
Aa
Read Next : Keringanan Kredit Perbankan Imbas Covid-19 Disetop OJK

Mansa Musa, Orang Terkaya Berharta Unlimited

Minggu, 30 Januari 2022 | 09:48 WIB
header img
Ilustrasi Mansa Munsa (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA, iNewsSerpong.idMansa Musa adalah penguasa Afrika Barat di abad ke-14 yang amat sangat kaya sampai-sampai saking dermawannya, sedekah yang ia berikan menghancurkan perekonomian. Hingga ia dijuluki sebagai orang terkaya sepanjang masa.  

 

Berikut fakta-fakta orang terkaya sepanjang masa Mansa Musa yang dirangkum di Jakarta, Minggu (30/1/2022).

1. Punya Kekayaan Rp5,72 Kuadriliun

Penulis tentang Raja Afrika Jacob Davidson bahkan menyebut Mansa Musa lebih kaya daripada apa yang orang bayangkan. Pada tahun 2012, situs web AS Celebrity Net Worth memperkirakan jumlah kekayaan Musa berada di angka US$400 miliar atau sekitar Rp5,72 kuadriliun, namun sejarawan ekonomi satu suara bahwa kekayaannya tak mungkin diejawantahkan ke dalam angka.

2. Kekayaannya Tak Bisa Ditandingi Kekayaan Mansa

Musa tidak bisa ditandingi oleh Elon Musk dan Jeff Bezos yang keduanya menguasai daftar orang terkaya di dunia. "Jumlah kekayaan Musa jika dihitung di masa kini sungguh luar biasa sampai-sampai hampir mustahil untuk benar-benar memahami betapa kaya dan berkuasanya ia saat itu," ungkap Rudolph Butch Ware, guru besar sejarah di Universitas California dilansir dari BBC.

3. Raja Emas

Dia adalah raja emas, lahir pada 1280 di keluarga penguasa. Menurut sejarawan Suriah abad ke-14, Shibab al-Umari, Abu-Bakr terobsesi dengan Samudera Atlantik dan segala sesuatu yang ada di baliknya. Mansa Musa punya akses yang hampir tidak terbatas terhadap sumber-sumber kekayaan paling bernilai pada abad pertengahan," ujar Kathleen Bickford Berzock, yang merupakan spesialis seni Afrika di Block Museum of Art di Universitas Northwestern, kepada BBC.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut