Logo Network
Network

Senegal ke Semifinal Piala Afrika 2021, Kalahkan Guinea Khatulistiwa 3-1

Andhika Khoirul Huda
.
Senin, 31 Januari 2022 | 09:08 WIB
Senegal ke Semifinal Piala Afrika 2021, Kalahkan Guinea Khatulistiwa 3-1
Timnas Senegal merayakan gol ke gawang Guinea Khatulistiwa dalam laga perempat final Piala Afrika 2021, Senin (31/1/2022). (Foto: REUTERS)

YAOUNDE, iNews.Serpong.id – Timnas Senegal menumbangkan Guinea Khatulistiwa 3-1 dalam laga perempat final Piala Afrika 2021 di Stadion Ahmadou Ahidjo, Senin (31/1/2022) dini hari WIB. Sadio Mane, bintang Liverpool yang baru pulih setelah sempat dikhawatirkan mengalami geger otak tampil gemilang membela Senegal.

Lions of Teranga –julukan Senegal- unggul lebih dulu lewat gol Famara Diedhiou (28’) yang memanfaatkan umpan silang Mane. Namun, mereka lengah di awal babak kedua dan kejebolan oleh Jannick Buyla pada menit 57.

Akan tetapi, Senegal langsung mengamuk begitu skor imbang dan sukses menorehkan dua gol tambahan untuk mengunci kemenangan. Dua gol tersebut masing-masing lahir dari kaki Cheikhou Kouyate (68’) dan Ismaila Sarr (79’). Dengan hasil itu, Senegal mendapatkan tiket ke semifinal.

Senegal menguasai pertandingan sejak awal babak pertama. Dengan banyaknya pemain yang merumput di Eropa, mereka dengan mudah membuat Guinea Khatulistiwa keteteran. Pada menit 13, Lions of Teranga nyaris membuka papan skor lewat Nampalys Mendy. Namun, tendangan bebas yang dilesatkan gelandang Leicester City itu hanya menyamping tipis di sisi kiri gawang.   

Terus menekan, serangan Senegal baru membuahkan hasil pada menit 28. Adalah Famara Diedhiou yang menjadi pencetak gol dengan sepakannya usai menerima umpan manis dari Sadio Mane. Setelah itu, dominasi Senegal terus berlanjut. Sementara National Thunder –julukan Guinea Khatulistiwa- hanya sesekali melancarkan serangan balik yang bisa dibilang tidak berbahaya. Akan tetapi, kokohnya lini belakang Guinea Khatulistiwa membuat Lions of Teranga gagal mencetak gol tambahan hingga turun minum. Skor 1-0 itu tetap bertahan mengakhiri babak pertama.

Memasuki babak kedua, permainan Senegal sedikit mengendur. Alhasil, National Thunder bisa mengembangkan permainan sehingga tampil lebih baik. Hasilnya, pada menit 57 Guinea Khatulistiwa menyamakan kedudukan lewat Jannick Buyla. Dia menggetarkan jala Senegal dengan tendangan mendatar yang tidak bisa dihalau oleh Edouard Mendy.

Lima menit kemudian, Senegal langsung merespon gol tersebut. Sayangnya, aksi individual luar biasa dari Pape Gueye tidak berakhir dengan manis karena sepakan kerasnya hanya menyamping di sisi kanan gawang.

Setelah itu, Lions of Teranga kembali memegang kendali permainan. Mereka mampu menguasai bola lebih banyak dan membangun serangan dengan tempo cepat. Akhirnya, Senegal kembali memimpin pada menit 68 setelah Cheikhou Kouyate menjebol gawang Guinea Khatulistiwa.

Kouyate berdiri di posisi yang tepat ketika terjadi kemelut di kotak penalti lawan sehingga bisa menceploskan bola dengan mudah dari jarak dekat usai mendapatkan bola rebound.

Terus dominan, Senegal berhasil memperlebar keunggulan lewat Ismaila Sarr pada menit 79. Pemain sayap Watford itu menorehkan gol dengan tendangan yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang setelah menerima umpan mendatar yang membelah pertahanan lawan.

Belum menyerah, National Thunder terus berusaha mengejar ketertinggalan lewat serangan-serangan balik yang mereka lakukan di 10 menit akhir waktu normal. Akan tetapi, buruknya penyelesaian akhir membuat mereka gagal menorehkan gol tambahan hingga peluit panjang dibunyikan. Senegal menutup pertandingan dengan kemenangan 3-1 atas Guinea Khatulistiwa. Mereka mengamankan satu tiket ke babak semifinal.

Susunan pemain

SENEGAL (4-3-3): E. Mendy; B. Sarr, K. Koulibaly, A. Diallo, S. Ciss; N. Mendy, I. Gueye, P. Gueye; B. DIa, S. Mane, F. Diedhiou. Cadangan: S. Dieng, P. Abou Cisse, B. Keita, C. Kouyate, H. Diallo, B. Dieng, P. Matar Sarr, I. Sarr, I. Mbaye, A. Gomis, M. Name, M. Loum.

GUINEA KHATULISTIWA (4-5-1): J. Owono; C. Akapo, E. O. F. O. Obono, S. Coco, B. Ndong; P. Ganet, J. Machin, I. Salvador, J. Buyla, J. Miranda; E. Nsue. Cadangan: M. Angel Maye, M. Anieboh, F. Bikoro, C. Anvene Ebang Ela, R. Belima, M. Magno Mba Bicoro, D. Hanza, L. Nlavo, S. Eneme, L. Meseguer, A. Balboa, P. Oba. (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.