get app
inews
Aa Read Next : Konsumen Indonesia Menginginkan Harga Motor Listrik Segini Sesuai Hasil Survei

Biar tidak Menyesal Beli Mobil Lelang, Dibolehkan Sewa Jasa Inspektor

Rabu, 20 Desember 2023 | 05:00 WIB
header img
Membeli mobil lelang menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan kendaraan dengan harga murah. (Foto: AUKSI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Membeli mobil lelang sebuah alternatif mendapatkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau. Ingat, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan cermat agar bisa mendapatkan mobil berkualitas baik.

Pasalnya, membeli mobil lelang tidak diperbolehkan test drive, sehingga ada potensi mendapatkan mobil kondisi yang kurang baik. Untuk mengatasi hal tersebut, calon pembeli disarankan untuk melakukan pemeriksaan kondisi mobil secara langsung.

Bagi yang kurang paham, menggunakan jasa inspektor dari pihak ketiga dapat menjadi opsi mandiri.

Penilaian Mobil Lelang

Head Fleet and Auction JBA Indonesia, Willy Willim, menjelaskan pihaknya telah memberikan informasi kepada calon pembeli terkait penilaian mobil lelang dengan kategori grade A hingga grade F, menandakan kondisi mulai dari yang terbaik hingga yang terburuk.

"Grade A merupakan mobil dalam kondisi terbaik, seperti baru keluar dari showroom. Sedangkan Grade F mengindikasikan mobil bekas dengan kondisi yang memerlukan perbaikan," ungkap Willy di Jakarta beberapa waktu lalu.

Balai lelang JBA Indonesia merupakan tempat di mana kendaraan bermotor dilelang dalam kondisi apa adanya. Willy menjelaskan bahwa peserta yang menginginkan mobil untuk penggunaan pribadi atau dijual kembali biasanya memilih mobil dengan grade A-C.

Sebab, mobil dengan grade D-F sudah mengalami kerusakan berat yang membutuhkan biaya besar untuk perbaikannya.

"Sebaiknya pilihan calon pembeli tidak terlalu jauh dari grade A sampai B, atau setidaknya pada C. Mobil dengan grade F mungkin memerlukan perbaikan yang signifikan. Pembeli akhir biasanya mencari mobil yang siap pakai tanpa perlu banyak perbaikan lagi," saran Willy.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut