get app
inews
Aa Read Next : Kota Tangerang Butuh Pemimpin Muda, Sejumlah Nama Mulai Mencuat

Wali Kota Tangerang : Data Sebagai Alat Strategis Dalam Kebijakan Pembangunan

Selasa, 19 Desember 2023 | 07:22 WIB
header img
Forum Satu Data Indonesia (SDI) Pemkot Tangerang diselenggarakan secara virtual meeting pada Senin, (18/12/2023)/Foto : Pemkot Tangerang

TANGERANG, iNewsSerpong.id - Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, mengatakan Tangerang Satu Data tidak hanya berfungsi sebagai bank data, tetapi juga  sebagai alat strategis dalam kebijakan pembangunan berkelanjutan.
 
Arief menyampaikan hal ini dalam acara forum Satu Data Indonesia (SDI) yang diselenggarakan melalui virtual meeting pada Senin, (18/12/2023).

Program Satu Data tidak hanya sebatas pertumbuhan data, melainkan juga mencakup analisis terhadap masalah yang terjadi, seperti mengatasi angka stunting dan kemiskinan. Data ini menjadi dasar dalam pengembangan kebijakan bagi instansi terkait, seperti dinas kesehatan dan dinas sosial, untuk mengintervensi masalah yang ada di tengah masyarakat secara lebih efektif dan kreatif, ungkap Arief.

Lebih lanjut, Arief menjelaskan bahwa data yang terhimpun dalam Tangerang Satu Data bukan hanya sebagai acuan dalam kebijakan pembangunan, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang. 

Data yang ada harus dikelola dengan baik dan dijadikan rancangan program pembangunan serta pelayanan bagi warga kota, tegas Arief.

Sebagai contoh, data kunjungan juga dapat digunakan untuk merencanakan strategi ketertarikan wisatawan dari berbagai daerah luar ke Kota Tangerang. Dinas Budpar dapat memetakan asal pengunjung, misalnya mayoritas berasal dari Jakarta, Jakarta bagian mana, sehingga data (SDI) dapat dimanfaatkan secara positif untuk kepentingan masyarakat dan perkembangan kota.

Kolaborasi antar Perangkat Daerah juga menjadi kunci sukses, di mana setiap Perangkat Daerah dapat memanfaatkan data untuk kepentingan pembangunan di wilayahnya masing-masing. 

Dengan kreativitas dalam pemanfaatan SDI, diharapkan tidak hanya mengumpulkan informasi tetapi juga menjadikannya sebagai solusi atas berbagai tantangan yang ada. 

Potensi dari data yang terkumpul dapat diintegrasikan dan diterapkan secara luas, bukan hanya untuk kepentingan pegawai instansi pemerintahan, tetapi juga untuk kemajuan bersama masyarakat Kota Tangerang, Pungkasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, bahwa untuk pembangunan yang berkelanjutan, kualitas data yang baik sangat penting agar perencanaan jangka panjang maupun jangka pendek dapat tepat sasaran. 

Proses pelaporan, penilaian kinerja, dan penelitian harus terus ditingkatkan untuk mencapai perencanaan pembangunan yang optimal, ucap Sachrudin.

Sachrudin berharap SDI dapat menjadi solusi atas masalah yang ada di Kota Tangerang. 

Ke depan, SDI diharapkan mampu memberikan data dan informasi yang akurat, serta menjadi solusi atas permasalahan di kota Tangerang. Semakin baik kualitas data yang dihasilkan, akan menjamin ketepatan waktu dan kualitas perencanaan, pungkas Sachrudin.  Demikian Rilis Pemkot Tangerang, melalui : ppid.tangerangkota.go.id  (*)
 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut