get app
inews
Aa Read Next : Jangan Anggap Enteng, Kentut Bau Busuk Bisa Jadi Gejala Kanker Loh!

HIKMAH JUMAT : Inilah Keutamaan di Balik Sakit

Jum'at, 12 Januari 2024 | 05:17 WIB
header img
Sikap terbaik bagi seorang hamba yang mukmin dalam menerima ujian sakit adalah bersabar. (Foto: Ist)

Menambah Dekat kepada Allah SWT

Bagi seorang hamba yang taat kepada Allah SWT, maka sakit yang dideritanya bukan hanya mengingatkan akan kelalaiannya, namun menambah kedekatannya kepada Allah SWT. Dengan adanya sakit, dia semakin menyadari akan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT dan semakin meneguhkan keimanannya.

Terkadang memang ketika manusia diberikan ujian berupa kebahagiaan atau kenikmatan lainnya, justru dapat menjauhkan dirinya kepada Allah SWT. Kesuksesan, kekayaan dan bentuk-bentuk kenikmatan lainnya terkadang membuat manusia cenderung lupa kepada Allah SWT.

Berbeda dengan sakit, manusia menjadi lebih dekat dan banyak berdo’a kepada Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya: “Dan apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri; tetapi apabila ia ditimpa malapetaka, maka ia banyak berdo’a.” (QS. Fussilat [41]: 51).

Mengeratkan Tali Silaturahmi

Tali silaturahmi antar sesama muslim terkadang menjadi longgar tatkala semuanya diberikan nikmat berupa kesehatan. Kunjung mengunjungi menjadi hal yang langka karena semuanya fokus dan sibuk dengan urusannya masing-masing.

Berbeda ketika ada salah satu sahabat atau saudara yang menderita sakit. Tali silaturahmi pun menjadi erat kembali. Teman dan saudara menyempatkan diri untuk menjenguk dan menghibur teman atau saudaranya yang sedang sakit. Dengan demikian, hak sesama muslim pun tertunaikan.

Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam. Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; apabila dia bersin lalu dia memuji Allah, do’akan dia; apabila dia sakit, jenguklah dia; apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman).” (HR. Muslim).

Terakhir, penulis mendo’akan para pembaca Hikmah Jum’at yang saat ini sedang sakit semoga mendapatkan seluruh keutamaan seperti yang telah dipaparkan di atas. Semoga Allah SWT segera memberikan kesembuhan dan kesehatan seperti sedia kala. Aamiin. (*)


Bagi seorang hamba yang taat kepada Allah SWT, maka sakit yang diderita bukan hanya mengingatkan akan kelalaiannya, namun menambah kedekatannya. (Foto: Ist)
 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut