get app
inews
Aa Read Next : Oli Evalube Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriah

HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

Jum'at, 23 Februari 2024 | 05:38 WIB
header img
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan bagi siapa saja yang mau meraih keberkahan itu. (Foto: Ist)

Melatih Diri Beramal Shalih

Selepas bulan Ramadhan tahun lalu, perlahan namun pasti kebiasaan baik di bulan Ramadhan mulai ditinggalkan. Oleh karenanya, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, kita harus melatih kembali diri kita, baik lahir maupun batin untuk membiasakan berbagai ibadah yang banyak dilaksanakan di bulan suci Ramadhan.

Puasa sunnah, tadarus Al-Qur’an, shalat sunnah, qiyamul lail, sedekah, adalah beberapa amal ibadah yang banyak dilakukan di bulan suci Ramadhan. Maka latihlah diri kita untuk melakukan amal-amal tersebut agar ketika Ramadhan datang diri kita merasa ringan untuk melaksanakannya karena telah terbiasa melakukannya.

Menjaga Kesehatan

Satu hal yang juga tidak boleh dilupakan dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan adalah menjaga kesehatan. Banyak orang yang menjelang datangnya Ramadhan justru melakukan hal-hal yang dapat mengganggu kesehatannya. Sebagai contoh misalnya banyak makan.

Alih-alih membuat lambung dan tubuh kita menjadi sehat, yang ada malah lambung kita sakit dan kesehatan tubuh terganggu. Oleh karenanya, menjaga kesehatan dengan memperbaiki pola makan, pola hidup sehat, dan berolah raga perlu juga untuk dilakukan dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan.

Agenda Ramadhan Keluarga

Ramadhan adalah bulan yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan hubungan antar anggota keluarga. Oleh karenanya, jangan lupa untuk mempersiapkan agenda Ramadhan keluarga lengkap dengan target-targetnya.

Sebagai contoh, kita punya target minimal satu kali khatam tadarus Al-Qur’an selama Ramadhan. Karena Al-Qur’an terdiri dari 30 juz, maka kita bisa menargetkan satu hari satu juz. Dengan target satu hari satu juz sekeluarga, maka setiap selesai shalat tarawih, misalnya secara bergantian setiap anggota keluarga dapat membaca beberapa halaman dan anggota keluarga yang lain menyimaknya.

Jangan mau kalah oleh toko sebelah, mari persiapkan diri dan keluarga kita untuk menyambut datangnya Ramadhan 1445 H. Semoga pada Ramadhan tahun ini, seluruh amal ibadah kita diterima, do’a-do’a kita dikabulkan dan derajat takwa dapat kita raih. (*)

     


Ramadhan adalah bulan yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan hubungan antar anggota keluarga. (Foto: Ist)
 

Wallahu a’lam bish-shawab.          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut