get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Gunakan 1.000 Robot, Mega Factory BYD di Changzhao Produksi 1.200 Mobil Sehari

Selasa, 12 Maret 2024 | 05:08 WIB
header img
Sekitar 1.000 robot di pabrik BYD Changzhou, China, dengan kemampuan produksi 1.200 unit per hari. (Foto: BYD)

CHANGZHAO, iNewsSerpong.id - Build Your Dreams lebih akrab ditelinga dengan sebutan BYD, menjajal pasar otomotif Indonesia dengan meluncurkan tiga mobil listrik sekaligus, yaitu Dolphin, Atto 3, dan Seal.

BYD, yang merupakan pemimpin pasar kendaraan roda empat di China, bahkan berhasil mengungguli Tesla dan menjadi produsen mobil listrik terbesar di dunia pada tahun 2023.

BYD memiliki total delapan pabrik di China, dan salah satunya berada di KotaChangzhao. Jurnalis iNews.id berkesempatan mengunjungi salah satu mega pabrik BYD di sana.

Kapasitas Produksi Pabrik

Proses produksi di pabrik ini menggunakan teknologi modern dengan tingkat otomatisasi yang mencapai 95 persen. Ada 447 robot yang beroperasi di area welding saja, dan total lebih dari 1.000 robot digunakan di seluruh pabrik.

Kapasitas produksi pabrik ini mencapai 1.200 unit mobil per hari dalam dua shift, dengan kapasitas tahunan lebih dari 300.000 unit kendaraan.

President Director PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, menyatakan bahwa BYD menjadi satu-satunya perusahaan yang menguasai teknologi inti dari pengendali elektronik, baterai, dan New Energy Vehicle (NEV).

Pabrik BYD di Changzhou memiliki luas area 11.600 m2 dan saat ini memproduksi BYD Atto 3 dan BYD Seal. Didirikan pada tahun 2019, pabrik ini telah memulai produksi untuk kendaraan dengan e-platform pada tahun 2021.

Pabrik ini menggunakan mesin yang didesain sendiri, yang membuatnya mencapai efisiensi 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pabrik lain di China.


Kapasitas produksi pabrik ini mencapai 1.200 unit mobil per hari dalam dua shift. (Foto: BYD)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut