get app
inews
Aa Read Next : Ternyata, Ini 5 Fungsi Lampu Rem Belakang Bagian Atas Mobil

Usai Mudik Lebaran, ini Daftar Wajib Cek Komponen Mobil

Minggu, 21 April 2024 | 10:48 WIB
header img
Menjaga kondisi mobil merupakan momen krusial untuk memastikan tidak ada kendala setelah berjalan ratusan bahkan ribuan kilometer. Terelebih usai melewati kondisi jalan yang berat dan tidak terduga. (Foto: Auto2000)

Oleh sebab itu, setelah melakukan perjalanan mudik, diperlukan pengecekan beberapa komponen penting untuk memastikan tidak ada masalah berarti yang dapat mengganggu kinerja mobil, seperti berikut ini:

1.     Ban Mobil: Perhatikan tanda keausan telapak ban dan segera ganti ban jika sudah tidak layak. Periksa juga kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek. Ban mobil yang rusak dapat menyebabkan masalah besar jika diabaikan.

2.     Kaki-kaki Mobil: Perhatikan rembesan oli pada kaki-kaki mobil, gerakkan komponen kemudi dan suspensi untuk melihat potensi masalah. Pastikan tidak ada kebocoran pada shock absorber, serta periksa karet-karet penyangga yang mungkin getas atau robek. Waspadai juga kebocoran pada selang rem dan periksa kondisi kampas rem.

3.     Cek Kondisi Oli Mesin: Pastikan takaran oli mesin cukup lewat dipstick dan perhatikan perubahan warna yang menandakan pencampuran dengan air.

4.     Cairan Rem Harus Bersih: Periksa volume cairan rem, warna, dan keberadaan endapan lumpur di dalam tabung penyimpanannya. Volume cairan rem yang berkurang dapat menandakan penipisan kampas rem.

5.     Radiator Coolant Harus Penuh: Periksa volume radiator coolent dan pastikan tidak ada kebocoran pada selang dan rumah radiator. Perhatikan juga perubahan warna yang bisa menjadi tanda adanya masalah.

6.     Periksa Cairan Kendaraan Lainnya: Pastikan volume dan warna cairan seperti minyak kopling, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, serta cairan power steering hidrolis tidak mengalami perubahan yang mencurigakan.

7.     Bersihkan Kabin Mobil: Bersihkan kabin mobil dari kotoran, terutama jika membawa anak kecil. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet dan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal. (*)

 

 
Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Muhamad Fadli Ramadan dengan judul "Daftar Lengkap Komponen Mobil yang Wajib Dicek usai Mudik Lebaran".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut