get app
inews
Aa Read Next : Jangan Anggap Enteng, 3 Cara Merawat Rem Sepeda Motor agar Bekerja Optimal

Teliti saat Memilih Bus Pariwisata, Jangan Tergiur Tarif Murah

Selasa, 14 Mei 2024 | 09:36 WIB
header img
Bus pariwisata PO Trans Putera Fajar diduga mengalami rem blong yang membuat kendaraan terguling dan menghantam sepeda motor. (Foto: Yudy Heryawan Juanda)

JAKARTA, iNewsSerpong.idKecelakaan melibatkan bus pariwisata kembali memakan korban jiwa. Kali ini terjadi di Ciater, Subang Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024). Jumlah korban tewas bus yang membawa rombongan siswa SMK Lingga Kencana, Depok tersebut mencapai 11 orang.

Dalam kejadian itu banyak korban bergeletakan. Warga sekitar berjibaku berupaya menolong korban. Beberapa di antaranya ada yang tertindih badan bus.

Bus pariwisata PO Trans Putera Fajar itu diduga mengalami rem blong yang membuat kendaraan terguling dan menghantam sepeda motor.

Dalam aplikasi Mitra Darat, bus tercatat tidak memiliki izin angkutan dan status lulus uji berkala telah kadaluarsa pada 6 Desember 2023. Ini membuktikan PO bus pariwisata tersebut tidak dilengkapi surat-surat yang berlaku alias bodong.

Untuk mengatasi hal tersebut, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan dalan memilih bus pariwisata.

“Jangan tergiur tawaran tarif sewa murah, namun keselamatan tidak terjamin. Bisa berangkat dan bisa pulang,” ujar pria yang juga seorang Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata itu dalam keterangan resmi.

Djoko mengimbau masyarakat untuk memastikan pengemudi memahami kondisi jalur yang akan ditempuh. Penyewa disarankan meminta dua pengemudi, meski perjalanan wisata hanya sehari.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut