get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Fungsi Strategis Rumah dalam Islam  

HIKMAH JUMAT : Jujur Awal dari Segala Kebaikan

Jum'at, 04 Oktober 2024 | 05:52 WIB
header img
Jauhilah sifat bohong karena kebohongan membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa ke neraka. (Foto: Ist)

Pada hadits lain, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Kalian harus jujur, karena jujur itu bersama dengan kebaikan yang sempurna. Keduanya akan berada di dalam surga. Dan hati-hatilah kalian dengan bohong, karena bohong itu bersama-sama perbuatan dosa yang terus-menerus. Keduanya akan masuk neraka.” (HR. Bukhari, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Lebih jauh, Baginda Rasulullah SAW akan memberikan jaminan surga bagi orang-orang yang senantiasa berperilaku jujur. Sungguh luar biasa, sekali lagi kejujuran tidak hanya membawa kebaikan di dunia saja, namun surga pun akan menjadi hadiah bagi orang-orang yang jujur.

Perhatikan sabda Baginda Rasulullah SAW yang artinya: “Berilah aku dari kalian jaminan dengan enam perkara, niscaya aku akan menjamin kalian dengan surga; jujurlah kalian jika berbicara, sempurnakanlah janji oleh kalian jika berjanji, tunaikanlah amanah jika kalian diberi amanah, jagalah kemaluan, pejamkanlah penglihatan, dan tahankanlah tangan kalian (dari meminta-minta).” (HR. Ahmad, Ibnu Abid Dunya, Ibnu Hibban, Al-Haakim, dan Al-Baihaqi).

Terakhir, mari kita renungkan bahwa hidup kita ini hanya sebentar saja di dunia. Jangan sampai kita meninggalkan kesan yang tidak baik yakni dikenal sebagai seorang yang senang berdusta atau pembohong. Jadilah orang yang ketika telah meninggalkan dunia ini dikenal dan dikenang sebagai orang yang berintegritas, jujur dalam perkataan dan perbuatan.

Mari kita renungi sabda Baginda Rasulullah SAW yang artinya: “Ada empat hal yang dapat menjadikan (kesan) kalian tidak akan pernah hilang dari dunia, yaitu menjaga amanah, bicara jujur, berakhlak baik, dan hati-hati dari makanan (yang haram).” (HR. Ahmad, Ibnu Abid Dunya, At-Thabrani, dan Al-Baihaqi).  (*)


Islam mengajarkan untuk meninggalkan sesuatu yang meragukan, apalagi yang sudah jelas-jelas merupakan kebohongan. (Foto: Ist)

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut