get app
inews
Aa Read Next : 52 Persen Orang RI Pakai THR untuk Belanja

Sempat Heboh Diawal Pemberlakuan, Ini Sejarah Awal Mula THR di Indonesia

Selasa, 19 April 2022 | 13:45 WIB
header img
 THR (Tunjangan Hari Raya) menjadi salah satu hal yang dinanti menjelang Idulfitri atau Lebaran, oleh banyak orang dari beragam profesi.Sebenarnya bagaimana asal usul THR di Indonesia? Foto/Dok Ilustrasi

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Bagi sebagain besar pekerja dengan berbagai latar profesi di Indonesia menantikan yang namanya Tunjangan Hari Raya (THR) jelang lebaran atau Idul Fitri.

THR sudah seperti menjadi tradisi masyarakat Indonesia selain mudik ke kampung halaman. Pada tahun ini, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tentang pemberian THR atau tunjangan hari raya dan gaji ketiga belas bagi aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun dan penerima tunjangan tahun 2022.

Berdasarkan PP tersebut, THR dan Gaji ke-13 diberikan sebesar gaji pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji pensiun pokok, serta 50% tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja. Sedangkan instansi pemerintah daerah, paling banyak 50% tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan.

Pemerintah berharap THR dan gaji ke 13 dapat membantu pemulihan ekonomi Indonesia. Pembayaran THR paling cepat dibayarkan 10 hari sebelum hari raya. Hampir setiap tahun pemerintah menerbitkan peraturan ini. Sebenarnya bagaimana asal usul THR di Indonesia? berikut ulasanya:

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut