get app
inews
Aa Read Next : Lulusan IT Dicari PT Pegadaian, Berikut Posisi dan Persyaratannya

Ini Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Karyawan Fresh Graduate

Rabu, 04 Mei 2022 | 06:00 WIB
header img
Karyawan fresh graduate wajib paham bagaimana cara mengatur keuangan pribadi. (Foto : Ist)

3. Hindari Kredit atau Pay Later

Kemajuan teknologi membuat semakin mudah berbelanja online, apalagi biasanya ada promo khusus bahkan tersedia fasilitas pay later. 

Bagi yang masih fresh graduate, hindarilah belanja dengan menggunakan kartu kredit atau fasilitas pay later di aplikasi belanja online. 

Pasalnya tanpa disadari bunga yang diterapkan dapat membebani keuangan kamu, apalagi pay later yang menggunakan sistem perhitungan bunga harian. 

Sebaiknya sejak dini hindarilah belanja dengan menggunakan fasilitas kredit agar belanja terkontrol karena sesuai dengan alokasi atau ketersediaan dana di kartu debit. 

4. Menabung Secara Berjangka

Ada cara mengatur keuangan bagi fresh graduate yang bisa diterapkan yaitu menabung secara berjangka. Artinya, setiap bulan kamu menyisihkan anggaran tertentu untuk ditabung dan tak bisa diambil karena jatuh tempo yang diterapkan pihak bank. 

Pilihlah tabungan berjangka yang otomatis dapat memotong dana dari gaji kamu, sehingga dengan sendirinya kamu memiliki tabungan tetap setiap bulan. 

5. Siapkan Dana Darurat

Meskipun masih muda, tak berarti seoranng fresh graduate akan terhindar dari kecelakaan, sakit, bahkan kematian. Untuk itu, sangat penting mengatur keuangan dengan cara menyiapkan dana darurat. 

Tentunya ada banyak cara menyiapkan dana darurat. Salah satunya bisa dengan mengikuti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, atau asuransi kecelakaan. 

Keberadaan dana darurat ini dapat membantu kamu di saat mengalami musibah atau hal-hal yang tidak diinginkan. 

Demikian 5 cara mengatur keuangan untuk karyawan fresh graduate

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Karyawan Fresh Graduate ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/5-cara-mengatur-keuangan-pribadi-untuk-karyawan-fresh-graduate.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut