Logo Network
Network

SU7 Bertenaga 664 HP Mobil Listrik Perdana dari Xiaomi, Berikut Desain dan Performanya

Wasis Wibowo
.
Senin, 01 Januari 2024 | 10:30 WIB

Xiaomi meluncurkan mobil listrik pertamanya SU7 dengan desain ramping mirip Porsche Taycan dan bertenaga 664 hp. (Foto: Motor Authority)

BEIJING, iNewsSerpong.id - Xiaomi yang lebih dikenal sebagai raksasa produsen smartphone di China, telah meluncurkan mobil listrik perdana, yakni SU7, di penghujung tahun 2023.  

Mobil sedan listrik ini memiliki desain ramping yang mengingatkan pada Porsche Taycan, dengan kekuatan mencapai 664 hp.

SU7 didasarkan pada platform baru yang dikembangkan oleh Xiaomi bernama Modena, diambil dari nama kota Italia yang menjadi basis merek mobil kenamaan seperti Ferrari dan Maserati.

Kembangkan Opsi Powertrain

Platform ini dikonfigurasi untuk mendukung baterai dan konstruksi sel ke tubuh, mengklaim penghematan ruang yang signifikan.

Dengan sedikit kepanjangan satu inci dari Taycan, Xiaomi mengklaim bahwa performa SU7 akan sebanding dengan sedan listrik Jerman tersebut.

Opsi powertrain meminjam nama dari mesin pembakaran internal, dimana opsi dasarnya, disebut V6, dilengkapi dengan motor tunggal di bagian belakang yang mampu menghasilkan 295 hp.

Di atasnya, terdapat opsi V6 dengan penggerak semua roda motor ganda yang menghasilkan tenaga puncak 664 hp. Akselerasi 0-62 mil/jam (0-100 km/jam) dapat dicapai dalam waktu kurang dari 2,8 detik dengan tenaga ini.


Xiaomi SU7. (Foto: Ist)
 

Namun, Xiaomi tidak berhenti di situ. Saat peluncuran, mereka mengungkap sedang mengembangkan opsi powertrain yang dinamakan HyperEngine V8s, diperkirakan akan dirilis pada tahun 2025 dengan tenaga lebih besar daripada V6.

Baterai standar adalah unit 73,6 kWh, tetapi tersedia juga unit 101 kWh. Xiaomi merencanakan juga unit 132 dan 150 kWh. Dengan baterai terbesar, SU7 mampu menempuh jarak lebih dari 600 mil (965 km).

Xiaomi telah menginvestasikan USD10 miliar dalam sepuluh tahun terakhir untuk divisi kendaraan listrik mereka. Sebagian dari dana tersebut digunakan pabrik di Beijing yang bertanggung jawab atas produksi SU7 serta model-model masa depan.

Menurut pernyataan Xiaomi pada tahun 2021, sedan listrik SU7 saat ini sedang dalam tahap praproduksi dan diharapkan akan siap dijual dalam beberapa bulan mendatang. Informasi harga akan diumumkan mendekati peluncuran resmi.

Mobil ini awalnya akan dipasarkan di China, namun, Xiaomi juga sedang mempertimbangkan untuk memperluas ke pasar lain. Saat acara peluncuran, CEO Xiaomi, Lei Jun, menyatakan ambisinya untuk menjadikan Xiaomi sebagai salah satu dari lima perusahaan mobil terbesar di dunia. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Wasis Wibowo dengan judul "Xiaomi Luncurkan Mobil Listrik Pertama SU7 Bertenaga 664 HP, Ini Desain dan Performanya".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini