Logo Network
Network

YangWang U8 Mobil Canggih dari China, Bisa Berputar 360 Derajat dan Mengapung di Air

Dani M Dahwilani
.
Kamis, 11 April 2024 | 05:38 WIB

SUV mewah YangWang U8 menggendong mesin Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dapat berputar 360 derajat dan mengapung di air. (Foto: iNews.id/Ist) 

SHENZHEN, iNewsSerpong.id - Raksasa otomotif China, BYD kembali menunjukkan inovasi dalam pengembangan mobil listrik yang mengesankan.

Melalui sub merek mewahnya, YangWang, mereka baru-baru ini merilis mobil sport utility vehicle (SUV) canggih, Yangwang U8 Premium Edition.

Tim jurnalis iNews.id berkesempatan untuk melihat langsung dan menguji mobil ini saat kunjungan ke Markas BYD di Kota Shenzhen, Guangdong, China, belum lama ini.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang memiliki empat motor canggih yang masing-masing dapat bergerak secara independen, menghasilkan total tenaga hingga 1.180 hp.

Hadapi Berbagai Medan

YangWang U8 mampu menghadapi berbagai medan, tetap dapat dikemudikan meskipun salah satu ban pecah, dan bahkan memiliki kemampuan mengapung di atas air dalam beberapa saat.

Salah satu fitur uniknya adalah kemampuan mobil ini untuk berputar 360 derajat, yang dapat diatur sesuai keinginan pengemudi baik ke kiri maupun ke kanan, dengan kontrol tingkat putaran yang dapat dipantau melalui kamera di dalam mobil.

Dengan berat 3,47 ton, YangWang U8 memiliki jarak tempuh hingga 621 mil (1.000 kilometer) dengan baterai penuh dan tangki bahan bakar 75 liter, memungkinkan pengemudi untuk menjelajah tanpa khawatir.

Powertrain mobil ini terdiri dari mesin empat silinder turbocharged 2.0 liter yang berfungsi sebagai generator daya untuk baterai. Baterai BYD Blade LFP berkapasitas 49 kilowatt-jam memungkinkan jangkauan listrik hingga 112 mil (180 km) berdasarkan pengukuran CLTC.

Teknologi Cell-to-Chassis (CTC) BYD mengintegrasikan baterai ke dalam sasis mobil, sehingga mengisi daya baterai dari 30 hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 18 menit menggunakan pengisi daya cepat DC dengan kecepatan hingga 110 kW.

Baterai mobil ini juga dilengkapi dengan kemampuan vehicle-to-load (V2L) 6 kW, cukup untuk menyuplai daya ke perangkat elektronik dan peralatan berdaya tinggi hingga 25 jam.

Setiap dari empat motor listrik menghasilkan 220 kilowatt (295 tenaga kuda), sehingga menghasilkan total tenaga 880 kW (1.180 hp) dan torsi 944 pound-feet (1.280 Newton-meter). Mobil ini dapat mencapai percepatan 0-62 mph (100 km/jam) dalam 3,6 detik, dengan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 124 mph (199 km/jam).

Teknologi canggih juga diterapkan pada fitur YangWang Pilot ADAS, yang terdiri dari 38 sensor termasuk 3 unit LiDAR, 5 radar gelombang milimeter, 14 sensor ultrasonik, dan 16 kamera.


Salah satu fitur uniknya adalah kemampuan mobil ini untuk berputar 360 derajat. (Foto: Ist)
 

Dukungan dua prosesor cerdas NVIDIA Drive Orin dengan daya komputasi gabungan hingga 508 TOPS memungkinkan fitur-fitur seperti Highway Driving Assist (HDA), City Navigation Autopilot, dan Automated Valet Parking.

Terdapat lebih dari 30 fitur ADAS Level 2, termasuk Adaptive Cruise Control (ACC) dan Automatic Parking Assist (APA).

Suspensi mobil U8 didesain untuk kenyamanan dan kedap suara, dengan interior yang dilapisi kulit mewah berwarna coklat. Fitur air supension memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan ketinggian mobil sesuai keinginan.

Harga mobil YangWang U8 adalah sekitar 150.000 dolar AS atau 1.098.000 yuan, setara dengan sekitar Rp2,3 miliar.

Di China, sub merek BYD, YangWang, memiliki dealer khusus. Meskipun dibanderol dengan harga yang tinggi, banyak konsumen yang berminat mengunjungi dealer tersebut.

Selain itu, model lain dari YangWang, yaitu U9, juga telah diperkenalkan. Supercar listrik ini dijual sekitar Rp3,6 miliar. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Mengintip Kecanggihan Mobil China YangWang U8, Bisa Berputar 360 Derajat dan Mengapung di Air ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/mengintip-kecanggihan-mobil-china-yangwang-u8-bisa-berputar-360-derajat-dan-mengapung-di-air.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini