7 Pabrik Senjata Militer Terbesar Di Dunia, Amerika Serikat Merajai

Rilo Pambudi
Pabrik Senjata Militer Terbesar di Dunia (Foto: Reuteurs)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Daftar pabrik senjata militer terbesar di dunia berikut ini menarik untuk disimak. Perlu diakui, beberapa perusahaan senjata yang menempati urutan teratas masih berasal dari Amerika Serikat (AS).

Mengutip dari data Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) yang dirilis pada 2021, setidaknya Amerika mempunyai 41 pabrik senjata terbesar dari 100 perusahaan dengan penjualan senjata terbesar di dunia.

Lima di antaranya menempati urutan teratas sebagai pabrik senjata terbesar yang sangat terkemuka. Dilihat dari jumlah penjualannya, negara yang mampu bersaing dan memiliki perusahaan senjata tersebesar adalah China dan Inggris Raya. Dilansir iNews.id dari SIPRI, Senin (18/7/2022), berikut ini adalah produsen senjata terbesar di dunia.

7 Pabrik Senjata Militer Terbesar di Dunia:

1. Lockheed Martin

Sebagai produsen senjata terbesar di dunia, Lockheed Martin mempekerjakan 97.000 orang di seluruh dunia dan menerima hampir 70 persen penjualannya dari pemerintah AS. 

Pabrik ini memproduksi beberapa pesawat tempur mutakhir seperti C-130 Hercules, C-5 Galaxy, F-16 Fighting Falcon, F-22 Raptor dan generasi kelima pesawat tempur siluman F-35 Lightning II.

Selain itu, Lockheed Martin memproduksi sistem tempur Aegis, yang menggunakan teknologi komputer dan radar yang kuat untuk melacak dan memandu senjata untuk menghancurkan target musuh. 

Ini juga merupakan produsen perisai pertahanan rudal balistik canggih seperti sistem PAC-3 dan THAAD.

2. Raytheon Technologies

Raksasa pertahanan yang berbasis di Massachusetts ini dikenal sebagai produsen peluru kendali terbesar di dunia. Perusahaan ini juga terkenal dengan sistem rudal permukaan ke udara. 

The Patriot adalah salah satu perisai pertahanan rudal utama untuk sekutu AS di seluruh dunia yang diproduksi oleh pabrik ini.

3. Boeing

Meskipun Boeing terkenal sebagai produsen pesawat jet komersial seperti 747, 777 dan 787, Boeing juga merupakan pemasok utama pesawat pengisian bahan bakar dan anti-kapal selam, jet tempur dan pesawat perang elektronik. 

Boing juga menjadi produsen helikopter tempur AH-64 Apache dan F-18 Super Hornet. Ia menjadi salah satu pabrik senjata terbesar dari Amerika Serikat yang menempati papan atas perusahaan militer terbesar di dunia.

4. Northrop Grumman

Pabrik senjata Northrop Grumman dibentuk setelah penggabungan antara perusahaan Northrop dan Grumman. Northrop Grumman terkenal sebagai produsen pesawat pembom siluman B-2 Spirit, yang dapat menggunakan senjata konvensional dan termonuklir dalam konfigurasi siluman. 

Northrop sempat dikabarkan mempekerjakan arsitek senjata Jaime Bohnke, yang sebelumnya bekerja dengan Boeing dan Raytheon, untuk bersaing lebih baik dengan produsen senjata saingan AS.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network