Kuning Bulat Sempurna, ini Trik Masak Telur Mata Sapi

Wiwie Heryani
Cara membuat telur mata sapi dengan kuning bulat sempurna (Foto: australianeggs)

1. Pakai wajan antilengket

Biasanya, Anda akan sulit mendapatkan bentuk telur yang sempurna jika menempel di wajan. Karena itu, sebaiknya pilih wajan antilengket karena sangat baik untuk membuat telur setengah matang. Meskipun sudah menambahkan minyak atau mentega, menggunakan wajan biasa akan membuat telur lengket.

2. Pakai minyak yang sesuai

Menurut Korbee ada dua minyak terbaik yang digunakan untuk menggoreng telur, yaitu minyak zaitun dan canola. Minyak canola memiliki titik asap yang tinggi, sehingga sangat pas digunakan jika ingin mendapatkan hasil telur renyah. Tapi jika tidak, Anda bisa menggunakan minyak zaitun karena cukup hanya dipanaskan sebentar. Anda juga bisa menggunakan mentega, yang paling mudah ditemukan di rumah. Namun, jika memilih mentega, pastikan api pada kompor kecil karena titik asap pada mentega lebih rendah dibandingkan canola dan minyak zaitun. Api besar akan membuat telur mudah gosong.

3. Pilih telur yang segar

Seperti yang dilansir dari Food NDTV, telur yang masih segar akan membentuk telur mata sapi yang semakin sempurna juga. Kemungkinan putih telur berair sangat kecil. ">kuning telur," kata Korbee.

Bagi orang awam seperti kita mungkin akan sulit mengetahui tingkat kesegaran sebutir telur. Cara paling tepat mengetahuinya hanya dengan setelah membuka telur. Saran lain, Anda juga harus menaruh telur sampai pada suhu kamar sebelum digunakan. Hal ini dilakukan jika sebelumnya Anda menyimpan telur di lemari es.

4. Pecahkan telur secara perlahan

Tips selanjutnya agar tidak merusak bentuk cantik saat memasak telur mata sapi adalah dengan hati-hati saat memecahkan telur. Anda juga disarankan agar tidak buru-buru saat memecahkan telur, agar bisa menghasilkan telur sempurna. Tips lain, Anda bisa pecahkan telur di mangkuk terpisah, lalu masukkan ke dalam wajan secara hati-hati dari jarak dekat. Jangan jatuhkan telur dari atas karena akan membuat kuning telur pecah. Masak telur sekitar tiga sampai menit. Pecahkan telur ke dalam mangkuk terpisah juga bisa menghindari tercampurnya telur yang busuk. Kita juga bisa mengetahui telur tersebut segar atau tidak.

5. Panaskan wajan dengan api kecil

Sebelum memasukkan telur ke dalam wajan, panaskan terlebih dahulu wajan dengan api kecil. Barulah goreng telur di atasnya sesuai dengan tips-tips sebelumnya.

6. Sesuaikan tingkat kematangan

Setelah memasukkan telur, Anda bisa menutup wajan. Biarkan uap membantu telur matang selama dua hingga tiga menit, tergantung seberapa matang telur yang diinginkan. Korbee mengatakan, cukup buka tutup wajan sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Namun, jika ingin telur lebih menonjol ke atas, Anda tidak perlu menutup wajan. Dan biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk menghasilkan telur seperti ini. Saat telur sudah matang, gunakan spatula untuk memindahkannya ke piring saji. Lapisi piring dengan tisu yang bisa menyerap minyak berlebih.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.

Artikel Terkait

BERITA POPULER +
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network