VIRAL : Ngaku Bisa Bahasa Semut, ini Sosok Abuya Mama Ghufron

Avirista Midaada
Sosok penceramah asal Malang, Abuya Mama Ghufron yang viral di media sosial karena mengaku bisa bahasa semut. (Foto: MPI)

MALANG, iNewsSerpong.idSosok Abuya Mama Ghufron, penceramah asal Kabupaten Malang belakangan viral di media sosial. Dalam ceramahnya, Mama Ghufron mengaku bisa bahasa semut dan Suryani. Lantas, siapa sejatinya Abuya Mama Ghufron?

Sosok Abuya Mama Ghufron

Abuya Mama Ghufron merupakan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) UNIQ Nusantara di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Ponpes ini menjadi satu dari 9 lembaga Ponpes yang dikelola oleh Abuya Mama Ghufron.

Pengurus Ponpes UNIQ Nusantara, Ubad Aminullah mengatakan, sosok Abuya Mama Ghufron memiliki nama lahir Iyus Sugirman. Ia merupakan anak dari pasangan suami istri (Pasutri) H Endang Mustofa dan Hj Suntari di Jawa Barat.

"Abuya ini anak kedua. Beliau ini satu keturunan pahlawan, ada salah satu pahlawan Bandung Lautan Api itu namanya Ujang Ma'ruf, itu kakeknya, temannya Muhammad Toha Husein Sastranegara," ucap Ubad Aminullah, ditemui di Ponpes UNIQ Nusantara, Kabupaten Malang, Jumat (28/6/2024).

Dia menuturkan, kakek dari Abuya Mama Ghufron ini gugur ketika berperang melawan penjajah Belanda dan sekutunya di rel kereta api. Bahkan diklaim salah satu senjata kakek Abuya Ghufron terpampang di Museum Mandala Wangsit Siliwangi, Bandung.

"Abuya dari mulai kecil itu menurut pengakuan paman-pamannya yang ada di Bandung sendiri sudah ada kelihatan anehnya. Setelah sekolah SD nggak tamat, itu kabur dari rumah. Singkat cerita di umur 12 tahun beliau itu masuk ke (pondok pesantren) Cibuntu, di Pandeglang, Banten, di pondoknya Alhasaniah," katanya.

KH Hasan Amin atau yang dikenal dengan Abuya Armin inilah menjadi guru pertama Iyus Sugirman. Kemudian oleh Abuya Amin inilah Iyus Sugirman diberikan nama Muhammad Abdul Ghufron.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network