Sering Tertutup Kabut tapi Suasana Bikin Tenang, 5 Desa di Jember Menakjubkan

Vien Dimyati
Desa di Jember Punya Pemandangan Menakjubkan, Sering Tertutup Kabut Suasananya Bikin Tenang (Foto: Instagram @abimwarwerwor)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Desa di Jember harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Ya, desa-desa cantik yang tersembunyi memiliki keindahan alam menakjubkan membuat siapa saja yang berkunjung akan betah berlama-lama.

Keindahan pemandangan alam yang ada di Jember memang sesekali harus dieksplorasi. Jember merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, terkenal dengan sektor pertanian dan perkebunan, terutama produksi tembakau dan kopi. Selain itu, Jember juga dikenal dengan acara tahunan yang populer, yaitu Jember Fashion Carnaval (JFC), karnaval busana terbesar di Indonesia.

Jember memiliki keindahan alam yang memikat, seperti pantai-pantai yang eksotis, pegunungan, serta tempat wisata alam lainnya. Beberapa destinasi wisata yang terkenal di Jember termasuk Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo, dan Kawasan Wisata Rembangan.

Di balik keindahan alam yang menakjubkan, Anda harus singgah ke beberapa desanya. Penasaran, apa saja desa-desa menakjubkan di Jember yang harus dikunjungi? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (17/9/2024).

Desa di Jember 

1. Desa Kemuning Lor

Desa pertama yang harus dikunjungi di Jember ada Desa Kemuning Lor. Desa ini terletak di Kecamatan Arjasa dan dikelilingi oleh sawah-sawah hijau yang subur serta pemandangan pegunungan. Desa ini terkenal dengan kesejukan udaranya dan suasana yang tenang. Selain itu, wisatawan bisa menikmati panorama perbukitan yang menakjubkan, cocok untuk bersantai dan melepas penat. Desa ini menawarkan ketenangan yang jarang ditemukan di daerah perkotaan. Suasana tenang dengan suara alam seperti kicauan burung dan angin yang sepoi-sepoi menjadikan Desa Kemuning Lor sebagai tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

2. Desa Suci

Desa Suci berlokasi di Kecamatan Panti. Di desa ini terdapat wisata alam yaitu Air Terjun Tancak dan Batu Bersaksi. Terdapat agrowisata perkebunan PDP Gunung Pasang dengan komoditas kopi kahyangan, teh, kakao dan karet. Di desa ini terdapat industri rumah tangga yang bergerak dalam pembuatan kerajinan alat-alat dapur dari aluminium. Penduduk Desa Suci sebagian besar bermata pencaharian bertani dan berternak.

 

3. Desa Sukorambi

Desa Sukorambi memiliki objek wisata alam menakjubkan. Salah satu daya tarik utama desa ini adalah Taman Botani Sukorambi, taman yang menampilkan beragam flora, baik tanaman lokal maupun langka. Taman ini juga memiliki kolam ikan, area bermain anak-anak, dan tempat rekreasi keluarga yang asri. Desa Sukorambi dikelilingi oleh perbukitan dan area hijau yang subur. Pemandangan sawah yang luas, kebun-kebun, serta pepohonan besar memberikan nuansa alam yang menenangkan.

4. Desa Sidomulyo

Desa Sidomulyo yang berada di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember ini memiliki banyak wisata alam yang menjadi incaran wisatawan karena memiliki pemandangan alam menakjubkan. Desa ini dikelilingi oleh perkebunan kopi dan kakao yang menghijau, menawarkan pengalaman agrowisata yang memikat. Pengunjung dapat berkeliling kebun dan menikmati aroma kopi segar yang dipanen langsung dari perkebunan. Alam perdesaan yang masih asri memberikan suasana yang damai dan relaksasi. Desa Sidomulyo dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Kabut tipis yang sering menyelimuti area perkebunan di pagi hari menambah keindahan suasana desa ini.

5. Desa Mumbulsari

Desa Mumbulsari terletak di kaki gunung, menawarkan pemandangan perbukitan yang indah dan alami. Lanskap pegunungan yang hijau dan menjulang menjadi daya tarik utama desa ini. Salah satu daya tarik desa ini adalah aliran sungai yang jernih dan segar. Sungai-sungai kecil yang mengalir melalui desa memberikan suasana yang menenangkan. Karena berada di daerah perbukitan, Desa Mumbulsari memiliki udara yang sejuk dan segar, memberikan suasana nyaman bagi pengunjung yang ingin melarikan diri dari panasnya cuaca perkotaan. Selain keindahan alamnya, Desa Mumbulsari juga menawarkan suasana perdesaan yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kota. Wisatawan dapat menikmati suasana yang damai dengan latar belakang alam yang indah, serta keramahan penduduk lokal.

Itulah desa di Jember yang harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Dengan kombinasi keindahan alam, potensi wisata, dan suasana perdesaan yang damai, desa-desa di Jember ini menawarkan berbagai pengalaman menarik bagi wisatawan. Selamat berkunjung!

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network