get app
inews
Aa Read Next : Hore!, BUMI hingga BUKA cs Masuk Papan Utama Bursa

8 Agama Tertua Di Dunia, Diantaranya Zoroastrianisme Dan Shinto

Selasa, 19 Juli 2022 | 08:24 WIB
header img
8 agama tertua di dunia, salah satunya Hindu (Foto : Freepik)

SEBANYAK 8 agama  tertua di dunia. Sudah ada jauh sebelum diutusnya Nabi Muhammad untuk menyebarkan islam yang Rahmatan lil’alamin di muka bumi.

Agama-agama ini sudah ada sejak zaman kuno, sebelum Islam dan kristen membumi. Sejak sebelum masehi (SM), agama-agama ini sudah mulai dianut pengikutnya dan hingga kini ada yang masih eksis, meski ada yang sudah memudar pengaruhnya.

Berikut 8 agama tertua di dunia dirangkum dari beberapa sumber :

1. Brahmanisme (8.000 SM)

Brahmanisme atau dikenal juga dengan Weda Brahmanisme diyakini sebagai agama tertua di dunia, mengingat kepercayaan ini sudah ada sejak tahun 8.000-6000 SM.

Agama ini meyakini kekuatan alam berasal dari para dewa dan dewi. Beberapa di antaranya adalah Dewa Matahari, Dewa Api, Dewa Angkasa, Dewa Siwa, dan masih banyak lagi.

2. Hindu (7.000 SM)

Hindu sering dianggap sebagai agama tertua yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Persebarannya berasal dari lembah sungai Indus (Pakistan modern). Hinduisme tidak memiliki pendiri atau teks tunggal, tetapi menggabungkan beberapa tradisi dan kepercayaan kuno.

Kitab suci tertua agama Hindu adalah Rig Veda, yang diyakini berumur sekitar 3.500 tahun. Namun, para arkeolog telah menemukan motif banteng dan sapi, yang merupakan hewan suci dalam agama Hindu, berasal dari sekitar 7.000 SM pada masa ketika peradaban kuno menghuni daerah dekat Sungai Indus.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut